Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pertama di Indonesia, Jembatan Air Mancur Pelangi di Semarang Bakal Seperti Korea

MuriaNewsCom, Semarang – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang kini tengah membangun air mancur pelangi di jembatan Banjir Kanal Barat (BKB). Air mancur di jembatan ini akan menjadi yang pertama di Indonesia, dan ditarget November 2018 mendatang sudah beroperasi.

Jembatan air mancur (bridge fountain) ini akan menjadi magnet untuk mendongkrak pariwisata di Kota Semarang. Apalagi di sejumlah negara, keberadaan bridge fountain ini sangat sukses menarik wisatawan.

Sebut saja, Banpo Bridge Fountain di Korea Selatan. Destinasi  pertunjukan Moonlight Rainbow Fountain atau air mancur pelangi cahaya bulan yang selalu diburu oleh para wisatawan saat berkunjung ke Seoul.

Pertunjukan air mancur di jembatan yang melintasi Sungai Han tersebut juga tercatat dalam Guiness World Record sebagai pertunjukan air mancur jembatan terpanjang di dunia.

Karenanya pada tahun ini Kota Semarang akan membangun sebuah Bridge Fountain dengan atraksi air mancur warna-warni serupa, dan akan menjadi yang pertama di Indonesia.

Proyek yang menjadi bagian dari program peningkatan  pariwisata Kota Semarang itu disebut akan menelan biaya sekitar Rp 17 miliar, serta akan dikerjakan di jembatan Banjir Kanal Barat.

 

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi sangat yakin proyek pembangunan bridge fountain ini bakal sukses menarik pengunjung. Ia mencontohkan, angka wisatawan ke Ibu Kota Jateng itu terus mengalami peningkatan sejak dilakukannya pembangunan sejumlah objek wisata.

Pada 2011 hanya ada 2,1 juta wisatawan per tahun yang datang ke Kota Semarang. Lalu pada tahun 2017 jumlahnya meningkat sampai 5,8 juta wisatawan per tahun.

“Maka dengan pengerjaan objek wisata baru di tahun 2018 ini, saya rasa pada 2019 nanti jumlah wisatawan yang datang ke Kota Semarang setiap tahunnya bisa didorong sampai ke lebih dari tujuh juta kunjungan,” katanya beberapa waktu lalu.

Saat ini progres pembangunan jembatan air mancur itu sudah mulai dilakukan sejak Agustus 2018 lalu. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Iswar Aminudin mengatakan, pembangunan tahap awal berupa  intake untuk pembuatan sumur pompa di dalam sungai.

Iswar menuturkan, akan ada tiga air mancur yang ditempatkan di sisi kiri dan kanan jembatan BKB. Serta satu lagi di tengah antara dua jembatan yang ada di BKB.

Konsep air mancur nantinya adalah air disedot menggunakan pompa, kemudian disemprotkan dari kanan kiri jembatan ke arah sungai.

“Air mancur itu akan bergerak-gerak sesuai pola yang disiapkan. Ada 10 koreografi atau lagu yang dimainkan lengkap dengan lampu warna-warni. Namun air mancur ini hanya akan dihidupkan pada malam hari atau siang hari pada jam-jam tertentu,” jelas Iswar Aminudin.

Ia menyatakan, sjeumlah komponen air mancur memang didatangkan langsung dari Korea. Sehingga pihaknya harus berhati-hati dalam memilih kontraktor. Dan yang terpilih yakni kontraktor dari Jawa Barat yang pernah berpengalaman mengerjakan proyek di Abu Dhabi.

“Selain komponennya harus impor anggaran yang digunakan juga terbilang besar. Kami harus memastikan kontraktor ini memang benar-benar mampu,” tegasnya.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...