Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ribuan Personel Polri-TNI Amankan Haornas di Solo, Termasuk Even Ahmad Dhani

MuriaNewsCom, Solo – Sebanyak 2.500 personel gabungan TNI dan Polri dikerahkan untuk mengamankan Hari Olahraga Nasional (Haronas) yang digelar di Solo, Minggu (9/9/2018) besok. Aparat ini juga dikerahkan untuk mengamankan kegiatan even jalan sehat yang bakal dihadiri Ahmad Dhani dan Neno Warisman.

Sabtu (8/9/2018) pagi tadi Polresta Surakarta menggelar apel pasukan di Lapangan Kota Barat, Solo.  Apel Gelar Pasukan ini diikuti personel gabungan dari Polresta Surakarta, Polres eks wilayah Semarang dan Solo Raya. Selain itu, pengamanan juga dibackup dari Polda Jateng serta TNI.

Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ribut Haribowo berpesan pada personelnya, agar mengedepankan pendekatan humanis. Aparat juga tidak akan menggunakan senjata saaty bertugas.

“Jaga perilaku dalam pengamanan Haornas. Gunakan pendekatan yang humanis. Jangan sampai terjadi tindakan yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas,” ujarnya.

Ia menyatakan, ada beberapa kegiatan yang digelar Minggu besok. Seperti upacara Haronas, Pekan Olahraga Warga Solo (Porwaso), kirab atlet Asian Games, serta jalan sehat yang menghadirkan Ahmad Dhani dan Neno Warisman.

“Kami pastikan Kota Solo aman dan nyaman selama masyarakat merayakan Haornas. Kami mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi di wilayah Surakarta agar tetap kondusif,” terangnya.

Sebelumnya pihak kepolisian tidak memberikan izin jalan sehat yang dihadiri Ahmad Dani, karena lokasi akan digunakan untuk kegiatan Haornas yakni di Lapangan Kotabarat. Namun izin kemudian diberikan pihak kepolisian, namun rutenya diubah.

Jalan sehat akan menempuh rute Gladag, Bank Indonesia, Mangkunegaran, Keprabon, kembali ke Gladag. Pihak panitia memastikan, kegiatan tersebut tidak akan berisi orasi politik. Namun berupa jalan sehat, pembagian hadiah, tausiyah dan penyampaian aspirasi.

Selain itu, pihak kepolisian dari Polres Boyolali juga menyiapkan pasukan untuk pengamanan di Bandara Adi Soemarmo. Ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya pengadangan terhadap Ahmad Dani dan Neno Warisman.

Sebelumnya, rencana kedatangan Ahmad Dhani dan Neno Warisman ke Solo mendapat penolakan dari sejumlah kelompok. Bahkan sejumlah spanduk penolakan juga muncul di sejumlah tempat di Boyolali, termasuk di depan pintu masuk bandara.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...