Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kompak Tandatangani Petisi Pilpres dan Pileg Damai

MuriaNewsCom, Pati – Aksi damai yang dilakukan oleh Koalisi Masyarakat Pati Aman Kondusif (Kompak) di Alun-alun Pati juga membuat petisi penyelengaraan pemilihan Presiden (Pilpres) dan pemilu legislatif (pileg) damai. Satu-per satu dari mereka membubuhkan tanda tangan di kain sepanjang 20 meter.

“Petisi ini nantinya akan kami berikan kepada pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pati agar bentuk aspirasi warga pati,” ungkap Naufar Yazid selaku coordinator aksi.

Dalam kesempatan tersebut, peserta aksi juga mengajak warga masyarakat untuk menyambut pemilu dengan antusias dan kegembiraan. Selain itu, dia juga meminta agar masyarakat berpartisipasi aktif dalam pemilu untuk menentukan wakilnya di legislatif dan pemimpin di jajaran eksekutif.

“Pemilihan pemimpin lima tahun sekali ini, harus benar-benar dimanfaatkan dengan baik. jangan sampai menodai pesta demokrasi dengan hal-hal yang dapat mengacaukan kebangsaan dan memecah belah kerukunan,” imbuhnya.

Para peserta aksi membubuhkan tandatangan petisi di kain sepanjang 20 meter. (MuriaNewsCom/Cholis Anwar)

Lebih dari itu, para peserta aksi juga meminta kepada para politisi agar berpolitik secara santun, yakni dengan mengedepankan etika, norma dan budaya yang berlaku. Jangan sampai para politisi membuat ulah yang melewati batas-batas kewajaran tersebut.

“Kami juga menolak segara bentuk provokasi untuk mengganti sistem Indonesia di luar pancasila dan UUD 1945,” tegasnya.

Untuk mewujudkan itu, Kompak juga meminta kepada seluruh elemen untuk mejaga iklim teduh dan damai dalam berdemokrasi. Hal itu harus dibuktikan dengan tanpa adanya ujaran kebencian, fitnah, hoax dan adu domba.

“Penandatanganan petisi ini adalah bentuk aspirasi kami, kepedulian kami agar tercipta illim demokrasi yang damai, aman dan kondusif,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...