Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Belepotan Sampah, Ganjar-Yasin Resik-resik Pasar Peterongan

MuriaNewsCom, Semarang – Jumat (7/9/2018) pagi, Ganjar Pranowo dan Taj Yasin sudah bergumul dengan sampah di Pasar Peterongan Semarang. Bersama para pedagang, pasangan yang baru dua hari dilantik menjadi gubernur dan wakil gubernur Jateng ini sengaja menggelar aksi resik-resik pasar.

Tak canggung para tokoh ini menggunakan sapu lidi untuk menyapu dan mengumpulkan sampah. Bahkan Ganjar juga terlihat merogoh sampah di bahwa meja dan sela-sela lapak pedagang.

Sembari menyapa dan berbincang dengan pedagang dan pengunjung pasar, orang nomor satu di Jateng itu tanpa canggung memungut bermacam sampah kemudian dengan cekatan memasukan ke dalam karung yang ditentengnya.

Aksi yang berlangsung 40 menit itu, berhasil mengumpulkan belasan karung berisi sampah, termasuk 56,5 kilogram sampah plastik.

Sejumlah pejabat pun terlihat ikut kegiatan ini. Seperti Sekda Jateng, Sri Puryono, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Kehadiran gubernur dan para pejabat dalam kegiatan bertajuk “Resik-resik Pasar” itu sontak membuat kaget para pedagang dan pengunjung pasar berusia ratusan tahun tersebut. Para pedagang tidak menyangka bakal kunjungi gubernur dan wali kota yang juga membersihkan sampah di sekitar lapak mereka.

“Saya kaget melihat Pak Gubernur datang dan memunguti sampah di depan lapak saya. Tadi sempat tidak percaya, karena selama ini hanya melihat lewat televisi tetapi sekarang saya melihat langsung,” ujar salah seorang pedagang Pasar Peterongan, Sarofah.

Ganjar menyatakan, kegiatan ini untuk mendorong para pedagang untuk menggelakkan aksi Jumat bersih.

“Pagi ini kami bersama-sama membersihkan sampah di Pasar Peterongan, terutama sampah plastik. Jika ini menjadi tradisi maka pembeli pun menjadi nyaman karena lingkungan bersih dan itu juga berpengaruh baik terhadap kesehatan,” ujar Ganjar.

Ia mencontohkan di lingkungan Pemprov Jateng, sejak Hari Lingkungan Hidup telah memulai gerakan Jumat bersih. Masing-masing dinas setiap Jumat membersihkan lingkungan yang paling dekat.

“Saya akan terus mendorong gerakan ini, termasuk ketika saya berkunjung  dan berkeliling daerah akan membersihkan tempat-tempat kumuh agar bersih, mengajak masyarakat menjaga kebersihan, dan ketertiban,” terangnya.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...