Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Selain Dana Desa, Demo di DPRD Pati Juga Soroti Pungli di Sekolah

0 715

MuriaNewsCom, Pati – Warga melakukan aksi di depan kantor DPRD Pati juga menyoroti banyaknya praktik pungutan liuar (pungli) yang dilakukan oleh sekolah negeri. Padahal, pemerintah sudah memberikan layanan pendidikan geratis kepada warga masyarakat. tetapi, dalam praktiknya, di Pati masih terjadi praktik pungli.

Karmani, salah satu peserta aksi mengaku pernah diminta dana suka rela di salah satu sekolah SMP negeri di Pati sebanyak Rp 800 ribu sampai dengan Rp 1 juta. Menurutnya, permintaan dana itu sangat tidak berdasar.

“Menurut saya sebagai wali murid, itu sangat memberatkan. Katanya ada sekolah geratis, tetapi kok masih disuruh membayar. Kan aneh,” terangnya, Rabu (5/9/2018).

Lebih dari itu, salah seorang wanita yang mengaku sebagai pelajar yang juga ikut dalam aksi tersebut mengatakan bahwa dirinya sempat dimintai biaya oleh pihak sekolah hanya untuk mengambil ijazah. Besaran nominalnya mencapai Rp 100 ribu.

“Saya juga bingung, ngambil ijazah kok masih di mintai uang. Saya minta hal-hal yang semacam ini segara di tindak oleh pihak yang berwenang,” ungkapnya.

Di harapan peserta aksi, hadir pula dari pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pati, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) dan Asisten Pemerintahan Sekda Kabupaten Pati.

Dalam kesempatan itu, masing-masing warga, menyiuarakan keluhannya diharapan pemangku kepentingan. Sebagian dari mereka juga menuntut agar perilaku pungli yang dilakukan pihak sekolah, segera untuk di selesaikan.

“Temuan kami terkait pungli di lingkungan pendidikan ini sangat banyak sekali. Bahkan ada juga warga yang secara langsung melaporkan ke kami terait pungli itu. Dalih yang digunakan selalu mengatas namakan dana suka rela,” kata Sumadi, koordinator aksi.

Padahal, lanjutnya, berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) nomer 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber pungli), upaya meminta dana suka rela yang dilakukan pihak sekolah, termasuk tindakan pungli.

Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.