Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Berkunjung ke Blora, Dirjen PFM Kemensos Tertarik Kembangkan Kelor untuk Tekan Kemiskinan

MuriaNewsCom, Blora – Budidaya tanaman kelor di Puri Kelorina, Desa Ngawenombo, Kecamatan Kunduran, Blora, ternyata menarik banyak pihak untuk datang langsung ke lokasi. Salah satunya adalah Direktur Jenderal (Dirjen) Penanganan Fakir Miskin (PFM), Kementerian Sosial (Kemensos) Andi ZA Dulung bersama Kedatangannya ke Puri Kelorina Desa Ngawenombo bersama Direktur PFM Perkotaan Mumu Suherlan, Kepala Dinas Sosial Jawa Tengah dan Kepala Dinas Sosial DIY.

Kedatangan pejabat dari pusat ini disambut Wakil Bupati Arief Rohman didampingi sejumlah pejabat terkait, dan pemilik kebun kelor Ai Dudi Krisnandi. Selama berada di Puri Kelorina, para pejabat mendapat penjelasan lengkap mengenai cara menanam, memetik, mengolah dan berbagai macam manfaat kelor bagi manusia.

“Pertumbuhan kelor di Blora ini kita tahu sangat bagus, tentu ini positif bagi para masyarakat Blora khususnya untuk lebih mengembangkan budidaya kelor,” ucap Andi ZA Dulung.

Andi mengaku, adanya budidaya kelor ini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mengembangkan sebuah inovasi produk dari bahan tanaman tersebut. Sehingga kedepan, ekonomi masyarakat meningkat dan tingkat kemiskinan bisa ditekan.

“Dari penjelasan yang disampaikan, tanaman kelor ini sangat banyak manfaatnyadan dapat diolah menjadi berbagai macam produk. Tentunya ini sangat membantu masyarakat untuk lebih inovatif lagi sehingga bisa mendapatkan penghasilan tambahan,” lanjutnya.

Kedepan, lanjut Andi ZA Dulung budidaya kelor bisa lebih di kembangkan di wilayah Blora dan daerah-daerah lain. Baik di Jawa Tengah maupun luar Jawa Tengah.

“Tanaman kelor, baru-baru ini di kembangkan di daerah NTT.  Setelah lihat contoh di Blora, nanti kita kembangkan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) disini ke arah kelor. Jika berhasil nanti bisa di kembangkan di daerah lain,” ucapnya.

Wakil Bupati Blora Arief Rohman mengatakan, dengan adanya Puri Kelorina ini, masyarakat Desa Ngawenombo kini perekonomiannya mulai meningkat. Banyak yang bekerja di Puri Kelorina dan mencoba mengembangkan budidaya kelor sendiri. Selain itu berkat kelor, Blora kini menjadi terkenal karena banyak yang datang untuk belajar.

“Pak Dudi ini sangat kreatif dan luar biasa. Dia bisa mengembangkan kelor di Blora yang dulunya hanya berupa hutan jati,” ucapnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...