Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Atlet Asian Games Peraih Medali Kembali Diguyur Bonus dari Pemprov Jateng

MuriaNewsCom, Semarang – Para atlet berprestasi asal Jawa Tengah yang berlaga dalam Asian Games 2018 disambut dan diarak keliling Kota Semarang, Selasa (4/9/2018). Tak hanya diarak dan disambut meriah, Pemprov Jateng juga memberikan bonus puluhan hingga ratusan juta rupiah untuk atlet peraih medali.

Secara simbolis bonus diberikan kepada Aries Susanti Rahayu, atlet panjat tebing asal Grobogan peraih dua medali emas yang memperoleh tali asih sebesar Rp 200 juta.

Kemudian Victor Eka Prasetya, atlet sepak takraw asal Jepara peraih medali perak dan perunggu memperoleh tali asih sebesar Rp 125 juta. Yusuf Widiyanto, atlet wushu asal Kabupaten Semarang peraih satu medali perunggu juga memperoleh bonus Rp 50 juta.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jawa Tengah Brigjen TNI (Purn) Subroto menyebut, kontingen Indonesia dalam Asian Games 2018 berkisar 1.250 atlet dan 129 pelatih.

Dari jumlah tersebut, Provinsi Jawa Tengah mengikutsertakan 58 atlet dan sembilan pelatih yang bertanding pada 21 cabang olahraga.

“Jateng menyumbang atlet terbesar keempat setelah Jawa Barat (149 atlet), DKI (141 atlet), dan Jawa Timur (109 atlet) pada perhelatan Asian Games 2018 dan sisanya sekitar 793 tersebar di seluruh provinsi Indonesia,” katanya.

Ganjar Pranowo berfoto bersama Aries Susanti Rahayu peraih dua medali emas asal Grobogan. (istimewa)

 

Ia mengaku bangga, dari 58 atlet Jateng yang berpartisipasi, 17 atlet di antaranya berhasil meraih lima medali emas, enam medali perak, dan 14 medali perunggu.

Perolehan medali tersebut disumbangkan dari delapan cabang olahraga, yaitu balap sepeda, panjat tebing, bulutangkis, paralayang, sepak takraw, soft tennis dan bridge.

Sementara, total perolehan medali Indonesia pada Asian Games 2018 adalah 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu.

“Perolehan medali emas atlet-atlet Jawa Tengah menempatkan 16 persen dari medali emas secara keseluruhan. Kami kontak dengan KONI-KONI seluruh Indonesia, baru di Jawa Tengah yang diacarakan (penyambutan) seperti ini,” ujarnya.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Syarifuddin menyampaikan terima kasih atas perjuangan yang telah dilakukan para atlet dan pelatih pada perhelatan Asian Games 2018. Dia berpesan, prestasi atlet harus terus ditingkatkan agar semakin siap bertanding pada ajang olahraga selanjutnya.

“Saya ucapkan selamat kepada para atlet yang telah berhasil mempersembahkan medali untuk Indonesia. Keberhasilan dan prestasi ini harus diteruskan ke level yang lebih tinggi. Dua tahun lagi akan ada olimpiade di Tokyo, Jepang. Saya harap saudara semua bisa meraih medali di sana,” harapnya.

Gubernur Jateng terpilih Ganjar Pranowo juga terlihat ikut menyambut dan berswafoto bersama para atlet. Ia menyatakan, perhelatan Asian Games 2018 begitu berkesan karena para atlet telah mengerahkan segenap kemampuannya untuk mengharumkan nama bangsa.

Apalagi dia sempat menyaksikan penutupan Asian Games 2018 bersama Presiden Joko Widodo dan korban gempa Lombok. Menurutnya, suasana haru, bahagia, dan bangga begitu kental terasa di sana.

“Kalian membanggakan Indonesia, kalian membanggakan Jawa Tengah. Ini momentum olahraga Jawa Tengah yang tidak boleh balik, tidak boleh kembali, harus maju terus menerus. Good sport governance coba kita dorong,” tegasnya.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...