Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemkab Pati Siap Kolaborasi Tangani Jalan Desa

MuriaNewsCom, Pati – Penanganan jalan poros desa, selama ini memng masih menjadi polemik. Bahkan kondisinya semkin tak terawat lantaran masih adanya tarik ulur antara pihak pemerintah kabupaten (Pemkab) dan desa.

Karena itu, Pemkab Pati melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati berupaya untuk melakukan sharing dalam proses penanganan jalan poros desa tersebut.

Kepala DPUTR Ahmad Faisal mengatakan, kolaborasi penanganan jalan antara pihak desa dengan pihak kabupaten, merupakan trobosan baru. Adapun bentuknya, apabila jalan poros desa itu ternyata dari pihak desa tidak mampu untuk menangani, maka pihaknya bisa mengajukan lansung ke Kabupaten.

”Misalnya nanti dalam penanganan bisa dikejakan kabupaten 70 persen dan desa 30 persen. Jadi, pembangunannya dilakukan secara bersama. Tetapi, pihak desa setempat yang harus mengajukan ke kami,” ungkapnya usai melakukan sosialisasi Proyek Perubahan Kolaborasi Penanganan Jalan Desa di aula DPUTR Pati, Senin (3/9/2018).

Lebih lanjut, upaya kolaborasi itu sampai saat ini masih dalam tahap percobaan. Setidaknya membutuhkan waktu tiga sampai empat tahun untuk bisa menjalankan program tersebut. Sebab, sebelum pengerjaan harus ada payung hukum atau regulasi yang mengaturnya dulu.

”Selain itu, anntinya antara pihak desa dengan kami juga ada MoU, sehingga proses kolaborasi tidak terkesan asal-asalan. Nantinya, pihak desa apabila mempunyai jalan poros yang tidak terkelola, silahkan saja minta usulan ke kami,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto menyambut baik dengan adanya proyek kolaborasi penanganan jalan desa yang dilakukan oleh DPUTR tersebut. Menurutnya, itu merupakan trobosan baru agar jalan-jalan yang aada di desa tetap terawat dan masyarakat menjadi nyaman apabila melewati jalan tersebut.

”Kami menyambut baik dengan apa yang direncanakan oleh DPUTR. Intinya, ini kan untuk kemaslahatan bersama, apabila jalan di desa-desa itu baik, tentunya masyarakat juga senang. Jadi, kedepan tidak ada lagi jalan yang rusak,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...