Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ikan Nila Salin di Pati Bakal Jadi Komoditas Ekspor Unggulan

0 716

MuriaNewsCom, Pati – Budidaya ikan nila salin di Kabupaten Pati terus mendapat perhatian dari berbagai kalangan, terutama industri ekspor-impor. Hal itu menyusul permintaan pasar yang semakin luas, tidak hanya di dalam negeri tetapi juga pasar luar negeri. Karena itulah, ikan ini berpotensi menjadi komoditas ekspor.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pati Edi Martanto melalui Kabid Perikanan Budidaya Kartika Pramanasari mengungkapkan, komoditas ikan nila salin diakuinya memang sangat bagus. Ditambah antusias dari masyarakat yang menyambut baik budidaya ikan tersebut.

“Pasar selalu meminta berapapun hasil panen ikan ini. Selain itu, terbuka peluang juga untuk diekspor ke berbagai negara. Namun kami belum bisa untuk saat ini,” kata Kartika.

Negara-negara seperti di Amerika dan Eropa juga menerima pasokan ikan nilai salin tersebut. mengingat, ada banyak keunggulan dari ikan itu yang tidak dimiliki oleh ikan lainnya.

“Secara rasa, ikan nila salin mempunyai tekstur yang lebih kenyal dan kaya akan protein,” terangnya.

Meski demikian, pihaknya selalu berusaha untuk menuju ke pasar eksportir tersebut. tak ayal apabila komoditas ikan nila salin saat ini menjadi prioritas utamanya. Bahkan, secara khusus pihaknya akan menjadikan satu desa sebagai sentra pembudidaya ikan nila salin.

“Kami sudah meminta kepada bupati untuk diberikan SK. Daerah Tayu kami jadikan sebagai kawasan budidaya ikan nila salin. Kami juga sudah memasukkan kawasan tambak ikan nila salin untuk menjadi bagian dari perda RTRW yang masih dalam penggodokan ini,” imbuh Kartika.

Seperti diketahui, hingga saat ini ikan nila salin sudah dibudidayakan di tambak seluas 582 hektar yang dikelola oleh 12 kelompok pembudidaya ikan di Kecamatan Tayu. Selain di Tayu, beberapa daerah yang berdekatan juga mulai ikut membudidayakan ikan jenis ini. seperti di Dukuhseti, dan Margoyoso.

Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.