Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ratusan Warga Gundih Grobogan Manfaatkan Layanan Kesehatan Rail Clinic

MuriaNewsCom, Grobogan – Ratusan warga yang tinggal disekitar Stasiun Gundih di Kecamatan Geyer, memanfaatkan layanan kesehatan gratis melalui kereta kesehatan di atas gerbong kereta atau rail clinic milik PT KAI, Kamis (30/8/2018). Kereta kesehatan yang memiliki rangkaian dua gerbong tersebut baru pertama kalinya memberikan layanan kesehatan di wilayah Gundih.

Selain pengobatan gratis, dalam kesempatan itu juga dilakukan pembagian kaca mata gratis kepada 61 siswa sekolah dasar yang terdapat di wilayah sekitar Stasiun Gundih. Yakni SDN 1, 2, 3, 4 dan 5 Gundih, pemberian bantuan alat-alat olah raga, penyuluhan seputar kesehatan dan seputar peraturan keselamatan perjalanan kereta api, serta pembagian souvenir.

Dua hari sebelumnya, kegiatan serupa juga dilangsungkan di Stasiun Kradenan di Kecamatan Kradenan, Selasa (28/8/2018). Selain pengobatan gratis, juga ada pembagian kacamata kepada 39 siswa SDN 1, SDN 2 dan SD Islam Kradenan. Kemudian, ada penyerahan bantuan prasarana pendidikan berupa pengadaan barang tekhnologi informasi untuk SDN 1 Kradenan sebesar Rp 18.786.600, bantuan prasarana pendidikan untuk PAUD KB Cut Mutia sebesar Rp 10.000.000, bantuan alat-alat olah raga untuk SDN 2, SDN 3 dan SD Islam Kradenan. Di sela-sela kegiatan sosial juga dirangkai dengan penyuluhan kesehatan dan sosialisasi aturan perkeretaapian.

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang Suprapto menyatakan, pelayanan kesehatan gratis dengan Rail Clinic ini sudah menjadi program rutin PT KAI sebagai salah satu bentuk kepedulian kepada masyarakat. Terutama masyarakat yang tinggal di sekitar jalur KA dan jauh dari fasilitas pelayanan kesehatan. Selain klinik kesehatan, ada satu gerbong yang difungsikan sebagai perpustakaan atau rail library. Fasilitas ini bisa dimanfaatkan warga atau mereka yang menunggu giliran untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan.

Salah satu warga yang tinggal di sekitar Stasiun Gundih di Kecamatan Geyer, memanfaatkan layanan kesehatan gratis melalui kereta kesehatan di atas gerbong kereta atau rail clinic milik PT KAI, Kamis (30/8/2018). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Pada tahun 2015 lalu, untuk pertama kalinya KAI meluncurkan Rail Clinic yang dianugerahi rekor MURI sebagai kereta kesehatan pertama di Indonesia. Rail Clinic merupakan wujud kepedulian sosial sebagai bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) KAI dibidang kesehatan. Tujuannya adalah untuk memberikan bantuan kesehatan gratis kepada masyarakat yang sulit menjangkau fasilitas pelayanan kesehatan.

Rail Clinic ini sudah menjadi agenda tahunan di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang sejak 2016 yang lalu. Di mana pada tahun 2016 telah dilaksanakan di Stasiun Weleri dan Stasiun Kedungjati.

Kemudian di tahun 2017 telah dilaksanakan di Stasiun Mangkang dan Stasiun Randublatung. Untuk tahun 2018 ini, akan dilaksanakan di tiga stasiun, yaitu di Stasiun Keradenan pada tanggal 28 Agustus 2018, Stasiun Gundih pada tanggal 30 Agustus 2018 dan Stasiun Kaliwungu pada tanggal 7 September 2018.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...