Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jalur Kereta Semarang-Pati Segera Dihidupkan Lagi

0 33.390

MuriaNewsCom, Semarang – Jalur kereta api dari Kota Semarang ke Kabupaten Pati, yang sudah puluhan tahun mati, dalam waktu dekat rencananya akan dihidupkan lagi. Pemerintah menargetkan reaktivasi jalur rel tersebut paling lambat pada tahun 2023.

Bahkan reaktivasi jalur rel mati tak hanya sampai di Pati saja, direncanakan sampai ke Kabupaten Rembang. Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jateng merencanakan panjang jalur rel yang akan dihidupkan lagi sepanjang 100 kilometer dari Semarang hingga Rembang.

Dalam sebuah diskusi di Kota Semarang, Selasa (28/8/2018) kemarin, Kepala Seksi Perkerataapian Dishub Jawa Tengah, Fajar Rahmat menyatakan, reaktivasi jalur rel Semarang-Rembang ini menjadi prioritas. Bahkan menurutnya, diupayakan proyek ini sudah bisa dimulai sebelum 2023.

Terlebih menurut dia, pemerintah daerah di sepanjang jalur itu mendesak agar reaktivasi segera dilaksanakan. Pasalnya, menghidupkan kembali jalur kereta bisa mengurangi beban jalur pantura yang semakin padat.

“Jalur Semarang-Rembang akan menjadi prioritas, yang akan didukung dengan perencanaan reaktivasi yang telah tertampung di Bappeda tinggal menunggu langkah selanjutnya,” kata Fajar.

Menurut dia, tahap pertama reaktivasi jalur rel akan dilaksanakan dari Semarang hingga Pati, baru kemudian dilanjutkan di tahap kedua dari Pati-Rembang.

Dia melanjutkan, untuk pembebasan lahan, sejauh ini belum menerima aduan dari pemerintah daerah terkait adanya sengketa. Sebab, Pemda di 5 kabupaten mendukung penuh adanya reaktivasi ini.
“Kini semua masih dalam tahap persiapan tinggal menunggu Detail Engineering Desain (DED) dari Kementerian Perhubungan,” terangnya.

Editor : Ali Muntoha

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.