Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Anggota Polhut KPH Purwodadi Amankan Mobil Berisi 57 Batang Kayu Ilegal

MuriaNewsCom, Grobogan – Sebuah mobil Xenia warna hitam diamankan anggota Polhut Perhutani KPH Purwodadi, Sabtu (25/8/2018). Tindakan itu dilakukan setelah anggota mendapati ada banyak batang kayu jenis sonokeling yang terdapat mobil bernomor polisi K 8806 QF. Kayu yang diangkut mobil tersebut diduga kuat berasal dari tebangan pohon di kawasan hutan.

Mobil tersebut diamankan di jalan Banyuono, Kampung Jetis, Purwodadi sekitar pukul 15.30 WIB. Saat diperiksa petugas, mobil dalam keadaan terkunci dan sopirnya sudah menghilang.

Kondisi itu membuat petugas kesulitan untuk membuka pintu kendaraan. Akhirnya, petugas sempat memanggil tukang kunci duplikat untuk membuka kunci kendaraan.

Meski pintu bisa dibuka, namun petugas menemui kendala karena kontak mobil dilengkapi pengaman khusus. Setelah berkoordinasi dengan polisi, mobil tersebut diketahui merupakan kendaraan rental milik warga Purwodadi.

Akhirnya, petugas meminta pemilik rental untuk datang ke lokasi sambil membawa kunci cadangan. Setelah itu, kendaraan tersebut dibawa ke kantor KPH Purwodadi untuk diturunkan kayu yang ada di dalamnya. Puluhan batang kayu tersebut selanjutnya akan didata dan diamankan.

“Jumlah kayunya cukup banyak. Totalnya, ada 57 batang dengan berbagai ukuran yang sudah dipotong dalam bentuk balok persegi,” kata Administratur KPH Purwodadi Dewanto pada wartawan.

Kendaraan itu mampu membawa kayu dalam jumlah banyak karena jok tengah dan belakangnya dilepas. Setelah dihitung petugas, volume kayu keseluruhan ada 0,778 meter kubik. Jika diuangkan, kayu yang disita nilainya hampir Rp 20 juta.

Dewanto menegaskan, pihaknya memastikan kayu itu berasal dari kawasan hutan. Soalnya, jenis pohon sonokeling memang jarang ditanam diluar kawasan hutan. Selain itu, adanya tanda patroli yang terdapat pada salah satu batang kayu yang disita makin menguatkan jika barang itu asalnya dari kawasan hutan.

“Di wilayah kami, memang ada beberapa kawasan yang terdapat pohon sonokeling. Nanti akan kita cek untuk memastikan dari lokasi mana pohon itu ditebang,” imbuhnya.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...