Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Mau Bikin Septic Tank, Warga Sarirejo Grobogan Malah Temukan Fosil Hewan Purba

MuriaNewsCom, Grobogan – Sejumlah fosil hewan purba ditemukan di Dusun Tengger, Desa Sarirejo, Kecamatan Ngaringan. Fosil tersebut ditemukan oleh warga setempat bernama Kaswadi (26) saat mau membuat septic tank di belakang rumah.

“Penemuan fosil sudah terjadi dua minggu lalu. Tetapi, baru hari ini diteliti oleh tim dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran. Sejak pagi tadi, di lokasi sedang dilakukan penggalian untuk penelitian lebih lanjut dan penyelamatan temuan fosil,” kata Camat Ngaringan Joko Supriyanto.

Selain tim dari BPSMP, ada juga sejumlah anggota komunitas peduli fosil Banjarejo dan beberapa warga setempat yang ikut membantu. “Pak Kades Banjarejo Ahmad Taufik tadi juga ikut hadir di lokasi. Kebetulan, Desa Sarirejo dan Banjarejo itu memang berbatasan tetapi beda kecamatan,” jelasnya, Jumat (24/8/2018).

Sementara itu, Ketua Tim Penyelamatan dari BPSMP Albertus Nico menyatakan, pada hari pertama ini pihaknya fokus melakukan penggalian untuk membuat kotak ekskavasi dengan ukuran 4 x 2,5 meter. Dari hasil penggalian dengan kedalaman 1,5 meter mulai terlihat beberapa fosil hewan purba.

“Dari analisa sementara, fosil itu merupakan bagian tulang belakang dan rusuk gajah purba. Hanya saja, belum bisa dipastikan apakah jenis stegodon atau elepas. Untuk menentukan ini butuh kajian lebih lanjut,” jelasnya.

Upaya penyelamatan temuan fosil rencananya akan dilanjutkan Sabtu besok. Rencananya, fosil yang sudah terlihat akan diangkat dari kotak ekskavasi.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...