Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dikebut, Pembangunan Bendungan Logung Selesai Pertengahan September

MuriaNewsCom, Kudus – Bendungan Logung yang terletak di Desa Tanjungrejo Kecamatan Jekulo terus dikebut. Hingga akhir bulan Agustus progres pembangunan sudah mencapai 90,439 persen. Ditargetkan pekan kedua bulan September Bendungan Logung rampung pembangunan.

Pengawas Pembangunan Bendungan Logung Dorlanda Sinaga mengatakan, progres pembangunan bulan ini direncanakan 88,537 persen. Namun progres pembangunan melebihi rencana sebelumnya. Yakni 90,439 persen.

“Ada defiasi atau selisih yang progres yang telah ditentukan yakni 1,902 persen,” kata dia saat ditemui disela-sela pekerjaan pembangunan Bendungan Logung, Kamis (23/8/2018).

Proyek yang menghabiskan dana sekitar Rp 584.972 miliar, dikatakan dia, tengah melakukan beberapa pembangunan yang belum selesai. Di antaranya bangunan pelimpah (Spillway), gardu pandang, dinding penahan (pelindung tebing), tata kawasan, gerbang gapura, dan saluran pengelak.

“Untuk rumah dinas hampir selesai. Kemudian untuk pipa saluran yang berdiameter 1200 cm itu sudah tahap finishing. Tinggal pemasangan pipa pembuang air saja. Nantinya itu sebagai saluran irigasi,” papar dia.

Selain pembangunan yang hampir selesai, area genangan di Bendungan Logung juga harus dirapikan. Sebab, jika tidak dbersihkan akan dikhawatirkan merusak dinding Bendungan Logung.

“Ini juga ada akar-akar, kemudian pepohonan yang berada di dasar area bendungan yang harus dirapikan. Sebab jika dibiarkan takutnya terbawa air, dan menyebabkan kerusakan pada dinding bendungan,”jelasnya.

Ia pun menarget, bulan Oktober Bendungan Logung sudah mulai berfungsi. Sementara, untuk pengisian air akan dimulai pada saat musim penghujan. Diperkirakan bulan Oktober waktu masa penghujan bendungan Logung sudah mulai terisi air.

“Kalau pengisian pas waktu musim hujan air akan lebih mudah dan bendungan ini sudah bisa berfungsi. Mungkin bulan Oktober sudah turun hujan, dan mulai pengisian,”kata dia.

Sementara itu, peresmian bendungan logung direncanakan akan dilakukan pada bulan antara Okotober hingga November mendatang. Hanya saja,  pada bulan November itu masih ada pekerjaan seperti jalan akses,  dan fasilitas lainnya.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...