Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Syarifuddin Dilantik Jadi Pj Gubernur Jateng, Ganjar Off 3 Pekan

0 4.211

MuriaNewsCom, Semarang – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo melantik Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri Syarifuddin sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Kamis (23/8/2018). Pelantikan Pj dilakukan lantaran masa jabatan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko sebagai gubernur dan wakil gubernur Jateng habis hari ini.

Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan di Gedung Gradhika Bhakti Praja, komplek gubernuran di Jalan Pahlawan Semarang. Syarifuddin menduduki jabatan Pj Gubernur Jateng hingga 16 September 2018 atau sampai dengan dilantiknya Gubernur Jateng definitif masa jabatan 2018-2023.

“Saya atas nama Presiden Republik Indonesia dengan resmi melantik saudara Drs Syarifuddin M.M sebagai Pj Gubernur Jawa Tengah berdasarkan Keputusan Presiden nomor 133/P tahun 2018 tertanggal 7 Agustus,” kata Tjahjo.

Tjahjo juga meminta Pj gubernur untuk menjalankan pemerintahan bersama sekretaris daerah (sekda) dan organisasi pernagkat daerah (OPD), dan berkoordinasi dengan forkompinda. Ia diminta untuk tak membuat kebijakan yang bertentangan keinginan rakyat.

”Jangan membuat kebijakan yang bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan di masyarakat, koordinasikan dulu dengan Pak Ganjar dan pemerintah daerah. Angka kemiskinan harus turun, serta menekan jumlah pengangguran di Jateng,” ujarnya.

Sementara Ganjar dalam sambutannya juga menitipkan Jateng pada Syarifuddin, meski tak sampai 1 bulan. Ganjar yakin Syariffudin bisa memimpin pemerintahan, karena sudah punya pengalaman. “Pak Syarifuddin selamat bekerja. Beliau ini orang yang sangat paham, apalagi beliau seorang Dirjen,” tandas Ganjar.

Sebelumnya, saat memberi sambutan dalam Salat Idul Adha, di Masjid Agung Jawa Tengah, Rabu (22/8/2018) kemarin juga digunakan Ganjar untuk berpamitan. Di depan jemaah ia menyebut akan istirahat selama tiga pekan, sembari menunggu dilantik.

”Pada momentum Idul Adha ini saya pamit, izin `off` sebentar selama kurang lebih 3 minggu dan pemerintahan akan dijalankan oleh penjabat (Gubernur Jateng) yang telah ditunjuk,” terangnya.

Ganjar Pranowo dan Taj Yasin yang memenangi Pilkada Jateng 2018 direncanakan akan dilantik sebagai gubernur dan wakil gubernur Jateng periode 2018-2013 pada 17 September 2018. Pelantikan rencananya akan dilakukan Presiden Joko Widodo di Jakarta.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.