Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Terkendala Waktu, Penyembelihan Hewan Kurban di Masjid Agung Kudus Dilakukan Besok

MuriaNewsCom, Kudus – Masjid Agung Kudus menggelar sholat Idul Adha, Rabu (22/8/2018) pagi. Namun pihak panitia mengaku tidak memotong hewan kurban pada hari ini juga. Rencananya penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung dilaksanakan pada hari Kamis (23/8/2018) besok.

Pengurus Masjid Agung Kudus Ediyono, mengatakan penyembelihan hewan kurban dilaksanakan pada hari Kamis (23/8/2018) besok. Hal itu dikarenakan setelah sholat Idul Adha dikhawatirkan waktunya tidak mencukupi.

“Karena setelah melaksanakan sholat Idul Adha kami harus memberesi perlengkapan yang dipakai sholat Idul Adha. Sehingga dikhawatirkan waktunya tidak mencukupi,” ujarnya.

Hingga pagi ini, dikatakan dia sudah ada tujuh hewan kerbau dan 15 kambing. Jumlah tersebut diperkirakan masih akan bertambah lagi.

“Kalau tahun lalu ada tujuh kerbau dan 12 kambing yang dititipkan disembelih di Masjid Agung Kudus,” jelasnya.

Lanjut dia, terkait sistem pembagian daging hewan kurban akan dibagikan kepada masyarakat. Pihaknya telah menyiapakan prosedur mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Dikatakan dia, para penerima daging hewan kurban nantinya akan dipisah antara laki-laki dan perempuan.

“Laki-laki akan mengantri di sisi kanan halaman masjid dan perempuan di sebelah kiri. Sebelum  diberikan daging kurban, mereka terlebih dahulu dipimpin untuk membaca syahadat. Ini sebagai antisipasi bahwa penerima memang benar-benar muslim,” kata dia.

Diperkirakan ada sekitara 600-700 paket daging hewan kurban untuk masyarakat. Hal itu, sesuai dengan kalkulasi jumlah daging kurban yang telah dilakukan pihak pantia.

“Untuk memastikan tidak terjadi kekurangan maupun kelebihan daging hewan kurban sebab ini adalah amanah,”papar dia.

Sementara itu, pada pelaksanaan sholat Idul Adha di Masjid Agung Kudus turut dihadiri Pejabat Bupati Kudus yang baru dilantik Riena Retnaningrum, serta Bupati Kudus terpilih M.Tamzil. Pelaksanaan sholat Idul Adha di Masjid Agung dimulai 06.15 WIB tadi pagi.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...