Jumat, 29 Maret 2024

Jateng Minta Tambahan 24 Ribu PNS Baru

Murianews
Selasa, 21 Agustus 2018 13:07:13
Ilustrasi (MURIANEWS.com)
Murianews, Semarang – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah meminta tambahan aparatur sipil negara (ASN) sebanyak 24 ribu formasi kepada pemerintah pusat. Jumlah itu akan disebar ke seluruh kabupaten/kota di provinsi ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) jawa Tengah, Sri Puryono menyatakan, dari 24 ribu usulan tersebut, sebanyak 4 ribu di antaranya untuk memenuhi kekurangan pegawai di jajaran pemprov. Sementara sisanya sekitar 20 ribu ASN untuk memenuhi kebutuhan kabupaten/kota.

Meski demikian, pihaknya belum bisa memastikan berapa kuota yang diberikan pemerintah pusat untuk Jawa Tengah.

”Ini usulan. Kami mengusulkan kepada pusat. Tapi pastinya yang menentukan pusat. Kita tunggu saja pengumuman dari pusat,” katanya.

Sekda juga merinci, dari jumlah tersebut kebanyakan usulan ini untuk memenuhi kebutuhan di bidang kesehatan dan pendidikan. Di bidang pendidikan, ia jelaskan kebutuhannya adalah guru, sementara di bidang kesehatan untuk memenuhi kebutuhan dokter dan paramedis.

”Kita sesuaikan dengan kebutuhan personel maupun kualifikasi di provinsi maupun kabupaten/kota. Sementara soal kuota yang menentukan pusat,” paparnya.

Ia menyatakan, nantinya teknis rekruitmen akan dilakukan secara terbuka melalui tes. Ia juga memastikan tidak ada prioritas pengangkatan tenaga honorer menjadi ASN.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jateng, Arief Irwanto menyebut, Kementerian Pendayaguaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi belum menetapkan formasi yang diberikan kepada jateng.

Namun ia menrinci usulan yang diajukan ke pemerintah pusat untuk lingkup Pemprov Jateng berjumlah 4.600 ASN. Dengan rincian 1.600 tenaga kesehatan dan 1.400 tenaga pendidikan. ”Sisanya infrastruktur dan pendukungnya. Namun baru sebatas usulan,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

Baca Juga

Komentar