Jumat, 29 Maret 2024

Nekat Terobos Kebakaran untuk Selamatkan Uang, Nenek di Pati Pingsan dan Terbakar

Cholis Anwar
Rabu, 15 Agustus 2018 21:06:34
Murianews, Pati - Rumah milik Rasiem (75) warga Dukuh Clekik, Desa Pohgading RT 01 RW 02 Kecamatan Winong, Pati, ludes dilahap si jago merah, Rabu (15/8/2018). Akibatnya, satu orang, yakni pemilik rumah harus dilarikan ke RSUD Kayen lantaran mengalami luka bakar di bagian dada, tangan dan punggungnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, Sanusi Siswoyo mengatakan, peristiwa kebakaran itu terjadi sekitar pukul 15.00 Wib.

Pada saat itu, pemilik rumah berada di dalam dan melihat ada api yang tiba-tiba muncul di bagian kamar. Selanjutnya, korban meminta tolong kepada para tetangga untuk memadamkan api itu.

“Namun, korban masih ingat bahwa di dalam rumahnya ada sejumlah uang. Sehingga, korban bersikeras masuk ke dalam rumah yang kondisinya sudah terbakar dengan tujuan untuk mengambil uang tersebut yang diletakkan di kamarnya,” ungkapnya.

Upaya yang dilakukan itu ternyata tidak membuahkan hasil. Pada saat korban masuk ke dalam rumah, kondisi api sudah semakin membesar. Ketika melihat api itu, korban tiba-tiba pingsan di depan pintu masuk rumah.

“Warga kemudian menolong korban dari kobaran api. Karena api sudah membesar, korban terkena sengatan api dan mengalami luka bakar pada bagian punggung, dada dan tangannya,” imbuh Sanusi.

Tak lama kemudian,satu unit mobil pemadam kebakaran datang menuju lokasi untuk membantu memadamkan kobaran api tersebut. Api berhasil dipadamkan, namun kondisi rumah tidak bisa digunakan lagi lantaran sudah habis dilhap api.

“Bentuk rumahnya joglo dengan ukuran 9 x 12 meter. Dinding serta plafonnya menggunakan papan kayu jati sehinga api cepat merembet dan membesar,” bebernya.

Diduga, kebakaran tersebut  disebabkan adanya hubungan arus pendek listrik. Barang-barang yang ada di dalam rumah juga tidak bisa diselamatkan. Sementara untuk kerugian, diperkirakan mencapai Rp 150 juta.

Editor : Ali Muntoha

Baca Juga

Komentar