Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pastikan Produksi Gula Aman, DPD RI Kunjungi PG Rendeng Kudus

MuriaNewsCom, Kudus – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Jawa Tengah Bambang Sadono melakukan kunjungan kerja di PG Rendeng Kudus, Kamis (2/8/2018). Kunjungannya itu untuk memastikan gula di tingkat produksi.

Dalam kunjungannya itu, pria kelahiran Blora 30 Januari 61 Tahun yang lalu itu berkesempatan meninjau produksi gula di PG Rendeng. Ia meninjau tahapan demi tahapan produksi gula di PG Rendeng. Mulai dari penggilingan tebu hingga jadi gula dalam karung.

Bambang mengatakan,  kunjungan kali ini untuk mengetahui permasalahan gula di daerah seperti di Kudus. Dikatakan dia, masalah gula saat ini sangat serius. Salah satunya harga gula yang murah lantaran merugikan petani.

“Kami memantau masalah gula ini sangat serius, lama ndak selesai-selesai. Salah satu mengenai harga gula. Petani masih kecewa dengan harga Rp 9700. Harga itu menjadi masalah,” terang Bambang Sadono, seusai meninjau di PG Rendeng Kamis (2/8/2018).

Ia mengatakan harga Rp 9.700 menjadi masalah bagi petani gula. Lantaran harga itu tidak seimbang dengan modal yang dikeluarkan oleh para petani tebu untuk menanam.  Terlebih lagi,  harga tersebut tidak sesuai standar minimal harga gula di pasaran.

“Kemudian ada informasi bahwa tebu petani giling, namun justru pemerintah impor gula. Itu pasti akan menghambat penyerapan gula petani,” beber dia.

Apabila hal tersebut terjadi dalam jangka panjang, ia khawatir kultur tanam tebu bisa menjadi surut. Padahal cita-cita negara Indonesia salah satunya swasembada gula.

“Artinya orang tidak semangat lagi dibandingkan petani padi, mungkin mulai lebih menarik tanam padi. Karena tebu dengan risiko lebih berat,” kata dia.

“Bahkan jika kebiasaan menanam tebu hilang, maka akan semakin jauh lagi cita-cita swasembada gula dan semakin tergantung dari luar,” lanjutnya.

Dengan adanya perbaikan kapasitas PG Rendeng, ia berharap dapat membantu memperbanyak pasokan tebu. Sehingga cita-cita swasembada gula terpenuhi.

Editor :  Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.