Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tamzil Siap Anggarkan Rp 144 Miliar untuk Guru Madin di Kudus

MuriaNewsCom, Kudus – Bupati dan Wakil Bupati Kudus M Tamzil-Hartopo bakal menganggarkan Rp 144 miliar bagi guru madrasah diniyah (Madin). Penganggaran dana tersebut rencannya akan dituangkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanda Daerah (APBD) 2019 mendatang.

”Untuk program kami yang bagi guru madin, rencananya akan kami anggarkan pada APBD tahun 2019 mendatang. Total anggaran ada sebanyak Rp 144 miliar,” kata Tamzil, Bupati Kudus terpilih.

Ia menyebutkan, ada sebanyak 1.200 guru madin di Kabupetan Kudus. Rencananya setiap personel guru madin akan mendapatkan upah Rp satu juta. Terkait proses pencairannya,  pihaknya mengaku masih akan merumuskan regulasi.

”Kami akan mulai merealisasikan pada tahun 2019 mendatang. Menunggu APBD 2019 saja. Tapi entah nanti menggunakan tunai atau non tunai (rekening) masih kita godok,” tuturnya.

Ia menjelaskan, dengan adanya upah bagi guru madin, ia berhadap dapat meningkatkan kesejahteraan para guru diniyah. Apalagi, selama ini mereka mendapatkan upah jauh dari kata layak.

”Nah, dengan meningkat kesekahteraan ini, kami harap mereka bisa tambah semangat. Guru madin itu jarang tersentuh. Padahal pekerjaan mereka sangat mulia,” ungkap dia.

Saat ini,  tambah Tamzil, di APBD Perubahan tahun 2018 ini pihaknya masih fokus menyiapkan program latihan wirausaha baru. Rencannya, setelah dilantik nanti ia akan memberikan pelatihan kepada 50 wirausaha baru.

“Kami akan coba program yang dilaksanakan di APBD perubahan, yakni memberikan  latihan wirausaha muda kepada 50,” tutupnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...