Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kajari Kudus: TP4D Upaya Preventif Bukan Memenjarakan

MuriaNewsCom, Kudus – Kepala Kejaksaan Kudus Herlina Setyorini sebut Tim Pengawalan Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) bukan semata-mata memenjarakan saja. Melainkan sebagai upaya untuk melakukan pencegahan preventif terjadinya penyelewengan.

“Kami mengawal dari awal sampai pembangunan. Sehingga diharapkan tidak hanya memenjarakan orang. Kalau kami bisa bantu pengawalan akan kami cegah dari pada menindak. Kalau hanya memenjarakan saja, negara tidak mendapatkan penghasilan,”jelas Herlina,  Senin (23/7/2018).

Ia mengatakan, TP4D itu bertujuan untuk memberikan dampingan kepada organisasi perangkat daerah (OPD)  dan para rekan pemerintah. Sehingga pihak-pihak tersebut merasa aman.

“Namun kalau sudah menemukan tindak korupsi akan kami ambil alih.  Kalau mereka sudah menyimpang ya akan kami tindak, ” jelasnya.

Sementara itu, Kasi Intelijen Kajari Kudus Dadan Ahmad Sobari mengatakan, sejauh ini sudah 11 pemaparan kegiatan pembangunan. 10 itu terdiri dari proyek milik Dinas PUPR Kudus dan 1 kegiatan milik kampus IAIN Kudus. Kegiatan tersebut, dikatakan dia sudah diterima di Kajari Kudus.

“Tapi Dinas PU masih proses lelang dan IAIN sudah dalam proses pengerjaan,” ungkapnya.

Sedangkan yang sudah mengajukan permohonan pendampingan TP4D Kejaksaan Negeri Kudus ada 16 Kegiatan proyek. Terdiri dari 10 kegiatan milik Dinas Pertanian dan Pengan, dan Dinas Perdagangan Kudus ada 6 kegiatan proyek.

“Untuk yang 16 proyek itu disetujui atau tidak, kami menunggu hasil paparan dari kepala dinas terkait,” pungkasnya.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...