Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Perdana, Olimpiade Literasi Tingkat SMP di Pati Diikuti Ratusan Peserta

MuriaNewsCom, Pati – Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) Tingkat Kabupaten Pati, yang baru pertama kali ini dihelat oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pati, langsung diikuti oleh ratusan peserta. Diharapkan, dengan adanya olimpiade tersebut, para siswa mampu menumbuh kembangkan bakat serta minat literasi.

Kepala Bidang SMP pada Disdikbud Pati Muhammad Na`im mengatakan, tujuan diadakannya OLSN ini adalah sebagai upaya untuk meningkatkan literasi siswa dan meningkatkan daya kritis dan kreativitas siswa terhadap teks.

“Olimpiade ini merupkana pertama kalinya digelar di Kabupaten Pati. Tetapi, ini merupakan suatu kebanggaan, lantaran siswa yang mengikuti OLSN ini, tergolong cukup banyak,” ungkapnya, Senin (23/7/2018).

Lebih lanjut, ada empat bidang literasi yang dilombakan dalam olimpiade tersebut, yakni cipta puisi yang diikuti oleh 39 peserta, cipta cerpen diikuti 39 peserta, story telling 24 peserta dan debat bahasa indonesia 19 peserta.

Kegiatan yang dihelat di SMPN 4 Pati itu juga akan langsung ditentukan pemenangnya. Mengingat,rentan waktu yang diberikan hanya satu hari. Meski demikian, pihaknya juga memilih para juri yang benar-benar berkompeten di bidangnya.

“Para peserta ini, kami harapkan juga mampu mengikuti olimpiade literasi secara nasional. Sebab, untuk tingkat nasional ini tidak akan ditentukan oleh juara yang menang OLSN di kabupaten, melainkan pada naskahnya,” imbuh Na`im.

Menurutnya, masing-masing naskah yang sudah diikutkan dalam OLSN kabupaten ini, nantinya juga bisa dikirimkan OLSN tingkat nasional. Sementara metode penjuriannya, nantinya adalah diseleksi melalui naskah tersebut.

“Jadi, yang mendapatkan juara pertama di OLSN Kabupaten Pati ini, tidak serta-merta akan lolos di tingkat nasional. Semaunya akan diseleksi melalui naskah yang dikirimkan,” tandasnya.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...