Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kekeringan, Droping Air Bersih di Pati Terus Digencar

MuriaNewsCom, Pati – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati terus melakukan dropping air bersih di desa-desa terdampak kekeringan. Sampai hari ini, ada lima desa yang sudah mengajukan permohonan air bersih. Kelimanya tersebut sudah dilakukan dropping.

Kepala BPBD Pati Sanusi Siswoyo mengatakan, sejauh ini untuk desa terdampak kekeringan yang meminta dropping air bersih ada lima desa. Akan tetapi, apbila masih ada desa yang terdapak, dipersilahkan untuk membuat surat permohonan dan diantarkan ke BPBD.

“Lima desa itu, yakni Desa Triguna sebanyak dua tangki, Desa Lumbungmas, Kecamatan Pucakwangi dua tangki,  Dukuh Gale, Desa Tambahagung, Kecamatan Tambahromo sebanyak dua tangki, Desa Padangan, Kecamatan Winong dua satu tangki, dan desa Soko Kecamatan Gabus satu tangki,” ungkapnya, Senin (23/7/2018).

Dia melanjutkan, sampai saat ini desa yang terindikasi rawan kekeringan ada sebanyak 82 desa di 10 kecamatan. Diantara 10 kecamatan itu seperti Kecamatan Gabus, Winong, Pucakwangi, Kayen, Sukolilo, Jakenan, Jaken, Tambakromo, Batangan, dan Margorejo. Namun jika kemarau cukup panjang bukan tidak mungkin bisa meluas.

“Untuk desa sendiri, perkiraan dari 82 desa tersebut, lima diantaranya sudah mengajukan dropping air bersih. Padahal, musim kemarau tahun ini baru memulai, dalam artian belum terlampau lama,” imbuhnya.

Dia berharap, potensi rawan kekeringan itu tidak semakin meluas. Mengingat, sampai saat ini kebutuhan droping setiap harinya ada yang menjaukan.

Meski begitu pihaknya akan tetap menyiagakan posko bencana maupun berkoordinasi dengan kepala desa yang rawan kekeringan.

“Berbagai langkah upaya di internal pun telah kami lakukan. Seperti di Kantor BPBD sendiri sekarang ini telah dibangun tandon air sehingga bisa digunakan untuk menyimpan dan menyalurkan bilamana dibutuhkan air bersih,” tandasnya.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...