Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Belum Memenuhi Syarat, KPU Pati Kembalikan Berkas Bacaleg

MuriaNewsCom, Pati – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati mengembalikan beberapa berkas bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD setempat. Itu lantaran masih ada persyaratan yang dinyatakan belum memenuhi syarat (BMS).

Komisioner KPU Pati Ahmad Jukari mengatakan, sebagian besar persyaratan yang belum dipenuhi oleh bacaleg adalah syarat keterangan sehat jasmani dan rohani. Bahkan untuk berkas itu, ternyata sebagian besar bcaleg belum memenuhinya.

“Faktor penyebabnya, para bakal calon dalam memenuhi kelengkapan persyaratan itu tidak dilakukan sesuai ketentuan dan petunjuk, yaitu harus di rumah sakit yang menjadi rujukan. Yakni, di Rumah Sakit RAA Soewondo, tapi cek kesehatan itu justru malah dilakukan di tempat lain,”  ujarnya, Senin (23/7/2018).

Jika demikian, masih kata dia, syarat yang mengikuti adalah disertakannya hasil rekam medis masing-masing bakal calon. Sedangkan untuk sarat bebas narkoba sebagai bagian dari pakta integritas (form B3), semua sudah benar karena dilakukan di pusat kesehatan kepolisian.

“Karena itu, kmi mengembalikan berkas calon yang dinyatakan BMS tersebut ke masing-masing partai politik pengusungnya agar seegar dilakukan perbaikan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, menurut Jukari  ada salah satu partai dengan 50 bakal calon lengkap dari setiap daerah pemilihan (dapil), semuanya belum memenuhi syarat (BMS). Maka upaya perbaikannya bisa dilakukan lagi secara bersama-sama.

Prinsipnya, dalam masa perbaikan ini semua bakal calon diharapkan bisa memenuhi ketentuan kelengkapan persyaratan administrasi secara maksimal.

“Dengan demikian, setelah nanti kembali diverifikasi terhadap perbaikan tersebut, hasilnya dinyatakan memenuhi syarat (MS), tapi jika tidak ya dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS),” tandasnya.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...