Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ada Bacaleg di Brebes Dicalonkan 2 Parpol, Nasdem Sebut Kecolongan

MuriaNewsCom, Brebes – KPU Kabupaten Brebes menemukan satu nama bakal calon anggota legislatif (bacaleg) didaftarkan dua partai politik. KPU pun bertindak tegas dengan menyebut akan langsung mencoret nama tersebut.

Bacaleg ganda yang ditemukan KPU Brebes diketahui bernama Sri Wahyuningsih. Saat verifikasi dokumen pencalonan KPU menemukan nama ini didaftaran dua parpol, yakni Partai Nasdem dan Partai Golkar.

Ketua KPU Brebes, Muamar Riza Pahlevi menyebut jika hal ini adalah sebuah pelanggaran atas PKPU Nomor 20 Tahun 2018 dan UU Nomor 2 Tahun 2011 tentang Parpol. Sehingga KPU akan bertindak tegas dengan menganulis pencalonan bakal caleg tersebut.

”Ini jelas pelanggaran dan kami sedang berkonsultasi untuk menentukan langkah selanjutnya,” ujar Riza.

Sementara Komisioner KPU Brebes, Masykuri menyebut sesuai PKPU persyaratan menjadi bacaleg harus melalui parpol dan dicalonkan oleh satu parpol. Sementara berdasar UU Nomor 2 Tahun 2011 menyebut, seseorang diberhentikan dari keanggotaanya jika menjadi anggota parpol lain.

“Dari regulasi yang ada ini sudah jelas. Kalaupun salah satu parpol itu akan tetap mencalonkan (Sri Wahyuningsih), maka yang jadi pertanyaan adalah apakah administrasinya lengkap apa tidak? Sejauh ini dia masih terdaftar di partai lain, kecuali partai lain itu sudah mengeluarkan SK pemberhentian. Tapi sepanjang belum ada SK pemberhentian berarti dia masih menjadi partai A atau B. Ini tidak sesuai dengan PKPU,” katanya.

Dengan regulasi itu, imbuh Masykuri, secara otomatis dia (Sri Wahyuningsih) sudah bukan anggota parpol manapun. Padahal syarat menjadi bacaleg adalah menjadi anggota salah satu parpol.

“Kami akan bertindak sesuai UU dan PKPU yang berlaku. Jika memang tidak memenuhi syarat akan dicoret,” tegasnya.

Partai Nasdem sendiri mengaku kecolongan dengan mendaftarnya Sri Wahyuningsih di Partai Golkar. Sekretaris DPD Nasdem Brebes, Slamet Abdul Dhofir menyebut pihaknya akan langsung mencoret Sri Wahyuni dari daftar bakal caleg.

Ia menyebut, Sri Wahyuningsih belum mengajukan surat pengunduran diri. Dia secara resmi masih terdaftar sebagai anggota Partai Nasdem, bahkan yang bersangkutan juga mengikuti tahapan pencalegan di Nasdem.

“Nasdem merekrut Sri melalui DPC Partai Nasdem Bulakamba. Dia sudah diikutkan ke akademi bela negara juga ikut pemantapan caleg. Semua program partai sudah diikuti,” ungkap Dhofir.

Oleh karenanya ia juga meminta Partai Golkar juga memberi sanksi tegas, yakni dengan mencoret nama Sri Wahyuni dari daftar nakal caleg Partai Golkar.

Sementara Ketua DPD Partai Golkar Brebes, Teguh Wahid Turmudi menyebut jika Sri Wahyuningsih sudah final memilih maju melalui Partai Golkar. Ia juga menyebut, jika Sri sudah mundur dari Partai Nasdem.

Namun ia mengakui, surat pengunduran Sri Wahyuningsih memang belum dikirimkan ke pengurus Nasdem karena terdesak urusan yang lebih penting.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.