Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

KPU Kudus Sampaikan Hasil Verifikasi Pendaftaran Bakal Caleg, Ini Hasilnya

MuriaNewsCom, Kudus –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus menyampikan hasil verifikasi kelengkapan pendaftaran bakal calon legislatif di Aula KPU Kudus, Jumat (20/7/2018). Dari hasil verifikasi rata-rata partai politik memberbaiki berkas pendaftaran bakal caleg hingga batas akhir pada 31 Juli 2018 mendatang.

Dani Kurniawan Komisioner KPU Kudus mengatakan, masing-masing parpol sudah diberikan hasil verifikasi pendaftaran bakal caleg. Dari 15 parpol yang mendaftar rata-rata diperbaiki.

“Rata-rata ada yang kurang. Misalnya dokumen tes kesehatan, daftar sebagai pemilih, hingga SKCK,” katanya, Jumat (20/7/2018).

Selain itu, ratusan bakal caleg yang mendaftarkan di KPU Kudus belum ada yang menyertakan lampiran pernah menjadi narapidana narkoba. Seandainya ada,  kata dia bakal caleg harus menyertakan surat pernah menjadi narapidana narkoba yang dikeluarkan instansi terkait.

“Yang kami terima tidak ada yang menyertakan surat pernah menjadi narapida. Seandainya (usai perbaikan) ada yang menyertakan, harus disertai surat dari lembaga yang berwenang,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk ASN, Polri, TNI, kepala desa, anggota dewan lintas partai, ada persyaratan khusus. Di antaranya yakni persyaratan pengunduran diri dari intansi terkait.

“Untuk penyerahan surat pengunduruan diri dari intansinya maksimal satu hari sebelum penetapan daftar calon tetap (DCT. Yakni 19 September harus sudah menyerahkan surat keterangan itu,” beber dia.

Sementara, untuk masa perbaikan berkas pendaftaran bakal caleg akan ditunggu hingga 31 Juli 2018 mendatang. Bagi partai politik yang tidak bisa memperbaiki akan dinyatakan tidak memenuhi syarat oleh KPU Kudus.

“Kalau memang sampai batas akhir perbaikan parpol belum menyerahkan ya kami nyatakan tidak memenuhi syarat (TMS). Bakal caleg juga otomatis gugur,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...