Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ribuan Calon Jamaah Haji Asal Kudus Ikuti Manasik Masal di Alun-alun

MuriaNewsCom, Kudus – Sebanyak 1.422 calon jamaah haji (calhaj) mengikuti manasik haji masal di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus,  Kamis (19/7/2018). Manasik haji masal yang diadakan Kementerian Agama (Kemenag)  Kudus diharapkan dapat memberikan keterampilan kepada calhaj,  supaya bisa melaksanakan ibadah haji secara mandiri.

Dari pantauan di lapangan, para calhaj mengenakan pakaian serba putih. Mereka melakukan manasik haji dimulai dari Gedung Jam’iyyatul Hujjah Kudus (JHK), kemudian mengambil krikil dibelakang gedung JHK.

Setelah itu, melanjutkan menuju Alun-alun Simpang Tujuh Kudus. Di Alun-alun, para calhaj mempraktekkan towaf memutari miniatur kabah sebanyak tujuh kali.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kudus, Su’udi mengatakan,  manasik haji masal tersebut diharapkan dapat memberikan keterampilan kepada calhaj. Sehingga pada pelaksanaan ibadah haji nantinya bisa secara mandiri.

Dikatakan dia, pemberangkat haji untuk Kabupaten Kudus direncanakan ada dua gelombang. Gelombang pertama tanggal 1 Agustus, sedangkan gelombang kedua pada tanggal 2 Agustus 2018 mendatang.

“Untuk kloter 53, kloter 54, dan kloter 55 berangkat pada tanggal 1 Agustus 2018. Sedangkan kloter 56, dan kloter 57 berangkat pada tanggal 2 Agustus mendatang, “papar Su’udi.

Karena itu, pihaknya mengimbau kepada semua calhaj supaya menjaga sikap disiplin selama melaksanakan ibadah haji. Sehingga jadwal ibadahnya, tidak menemui kendala di Tanah Suci Mekah.

“Kami imbau agar selalu menjalin komunikasi, baik dengan sesama jamaah dan petugas di Mekah,”tandasnya.

Salah satu peserta manasik haji masal pingsan dan dibawa petugas kesehatan.(MuriaNewsCom/Dian Utoro Aji)

Sementara itu, pada manasik haji sempat terjadi insiden. Yakni pada kloter 56 salah satu peserta yang pingsan. Pasmi (56) calhaj asal Kecamatan Dawe pingsan diduga karena kelelahan.

“Tadi kepala saya rasanya muter-muter, saya tadi pagi belum sarapan. Saya ndak ada riwayat penyakit, ini saya sudah sehat kembali, ” jelas Pasmi.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...