Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

14 Artis Nyaleg dari Dapil Jateng, Begini Peluang Mereka

MuriaNewsCom, Semarang – Daerah pemilihan (dapil) di Jawa Tengah diserbu para artis yang mencalonkan diri sebagai anggota legislatif pada Pemilu 2019. Ada belasan artis yang nyaleg dari wilayah Jateng agar bisa lolos ke Senayan (DPR RI).

Bahkan 14 di antaranya nyaleg melalui Partai Nasdem. Barisan artis Partai Nasdem itu di antaranya, Bertrand Antolin, Annisa Bahar, Miranda Vera Yulianti, Nafa Urbach, Vicky Shu, Adly Fairuz, Hans Christian Hosman hingga petinju legendaries Indonesia Chris Jhon.

Banyaknya artis yang memperebutkan kursi dari Jawa Tengah ini mendapat tanggapan dari para pelaku seni di Jateng. Ketua Dewan kesenian Jawa Tengah (DKJT) Gunoto Saparie mengaku senang, banyak pelaku seni yang memilih terjun ke politik untuk ikut menyalurkan aspirasi masyarakat.

“Kami berharap para pelaku seni ini jika terpilih menjadi anggota DPR RI, benar-benar bisa membawa aspirasi seniman di Jawa Tengah,” katanya.

Salah satu harapan yang akan dititipkan pada para caleg artis ini jika terpilih yakni aspirasi tentang perlindungan hak cipta. Gunoto berhaap kalangan artis ini bisa mengawal undang-undang yang melindungi hak cipta karya seniman Indonesia.

“Mereka juga kami harap bisa mendesak pemerintah untuk meningkatkan payung hukum kepada para pelaku seni. Perlindungan hak cipta terutama,” ujarnya.

Apalagi menurut dia, peluang para caleg artis ini untuk terpilih juga sangat besar. Ia meyebut, saat ini pemilih lebih banyak melihat figur yang dikenal sebelum dicoblos. Dan para caleg artis sudah mempunyai modal ini.

“Kalau selebritis peluangnya besar. Sekarang masyarakat nyoblos bukan berdasarkan nomor urut, namun figur. Kalau terkenal berarti ada kesempatan,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Digital Media Research Center (DMRC) Media Grup, Edi Hidayat dalam diskusi yang digelar di Rosti Cafe Semarang, Selasa (17/7/2018) juga menyebut, peluang para artis ini untuk terpilih sangat besar.

Baca : Nafa Urbach Hingga Manohara, Barisan Artis Ini Nyaleg Lewat Nasdem

Karena mereka sudah mempunyai salah satu modal untuk terpilih, yakni popularitas. Dengan popularitas ini, para caleg artis ini tinggal mengolah untuk menaikkan tingkat elektabilitasnya.

Selain itu, para artis ini akan mampu mendulang suara Partai Nasdem di Jateng. Apalagi targetnya, setiap satui artis mampu meraih minimal 25 ribu suara.

“Ini sangat potensial untuk mendulang suara untuk Partai Nasdem. Karena ada penyanyi, ada pemain film atau sinetron, atlit tinju menjadi bintang iklan juga ada,” tuturnya.

Sementara itu, aktor sinetron Hans Christian Hosman yang maju menjadi Bacaleg Partai Nasdem Jateng di Dapil 1, menyatakan kesiapannya untuk mewakili rakyat Jawa Tengah khususnya di bidang kesenian.

Meski ia bertarung di Dapil ”neraka” atau wilayah yang berat, Hans panggilan akrabnya akan berjuang untuk mendapatkan suara di Dapil 1 yang meliputi Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, dan Kota Salatiga.

“Saya nothing to lose aja, kita serahkan kepada rakyat Jawa Tengah. Bila terpilih maka akan bekerja sungguh-sungguh,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...