Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Hari Terakhir Pendaftaran Bacaleg, Baru Tujuh Partai Yang Mendaftar

MuriaNewsCom, Jepara – Sejak dibuka pendaftaran bakal calon legislatif pada Pemilu 2019 mendatang hingga hari terakhir Selasa (17/7/2018) pukul 18.00 WIB, baru tujuh partai yang mendaftar di Kantor KPU Jepara. Padahal pendaftaran telah dibuka sejak 4 Juli 2018 lalu. Tujuh partai yang mendaftar tersebut adalah PKS, Nasdem, PAN, Demokrat, PDIP, Gerindra dan Golkar.

Ketua KPU Jepara, Muhammad Haidar Fitri mengatakan untuk PKS dan Nasdem baru mendaftar Senin (16/7/2018) sore. Sedangkan yang lainya baru datang tadi siang. Menurutnya masih ada sembilan partai lagi uang belum mendaftar dari total 16 partai nasional.

“Sampai saat ini masih ada sembilan partai yang belum mendaftar. Kami akan menunggu hingga pukul 24.00 WIB setelah itu pendaftaran bacaleg akan ditutup,” ungkap Haidar saat ditemui diruangnya.

Menurut dia, tujuh partai yang mendaftar tersebut telah memenuhi syarat sah pengajuan calon. Partai PKS mwngajukan 42 bacaleg dengan keterwakilan perempuan sebanyak 35 persen. Nasdem 100 persen yaitu 50 bacaleg dengan keterwakilan perempuan 32 persen. PAN mengajukan 30 bacaleg, keterwakilan perempuan 46 persen.

“Untuk Partai Demokrat mengajukan 50 bacaleg, dengan keterwakilan perempuan 36 persen, PDIP 41bacaleg, perempuan 39 persen. Gerindra 50 bacaleg, perempuan 34 persen, Golkar 49, perempuan 40,8 persen. Semuanya telah memenuhi syarat sah pengajuan calon,” katanya.

Setelah itu, lanjut Haidar, akan dilakukan verifikasi berkas bacaleg dan jika ada syarat yang belum lengkap atau masih salah, bacaleg akan diberikan waktu dimasa perbaikan syarat.

“Untuk saat ini semua berkas kami terima dulu dan jika ada kesalahan atau kekurangan kelengkapan berkas diberikan waktu dari 22 Juli 2018 hingha 31 Juli 2018. Oleh karena itu, jika asa bacaleg yang merasa belum melengkapi berkas untuk segera menyiapkan dari sekarang karena massa perbaikan hanya sebentar,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...