Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Puluhan Pelajar Amerika Perdalam Budaya Pesantren di Dukuhseti Pati

MuriaNewsCom Pati – Sebanyak 40 pelajar yang berasal dari Amerika Serikat (AS) mengadakan kunjungan ke Pondok Pesantren Madarijul Huda Desa Kembang, Kecamatan Dukuhseti, Pati belum lama ini. Mereka hendak memperdalam pengetahuannya tentang dunia islam dan metode pembelajaran ala pesantren.

Sekretaris Yayasan Madarijul Huda  H Muhammad Yassin mengatakan, kunjungan pelajar Amerika itu sebenranya untuk melihat realitas keislaman yang ada di Indonesia. Kebetulan, yang hendak dikunjungi ada di tiga kabupaten, yakni Semarang, Jepara dan Pati.

“Dari pihak Amerika menghubungi yayasan kami untuk mentetahui lebih dekat dunia pesantren. Kami juga menyambutnya dengan baik,” katanya, Sabtu (7/7/2018).

Lebih lanjut, dalam kunjungan tersebut juga dimaksudkan untuk menunjukkan gambaran secara riil, bahwa dunia pesantren itu memegang teguh toleransi dan menjaga nilai-nilai tradisi yang diwariskan oleh leluhur. Bahkan, sebagian dari mereka juga ada yang memperdalam pengetahuannya tentang musik.

“Kalau di berita-berita, kadang kan banyak aksi intolerasi yang ditampilkan. Nah, saat ini mereka secara langsung ingin melihat kebenarannya. Ternyata, setelah sampai sini, mereka mengakui kehidupan pesantren itu tidak radikal,” tambahnya.

Dia juga mengakui, bahwa secara umum pihaknya sangat berterimakasih dengan adanya kungjungan tersebut. Mengingat, akan terjadi interaksi antara keduanya, yakni antara santri dengan pelajar Amerika tersebut.

“Ini merupakan momen yang sangat baik bagi santri untuk salingberinteraksi dan bertukar ilmu. Segingga, pemahaman diantara keduanya bisa singkron dan bisa menjalin ikatan persaudaraan,” tandasnya.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...