Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pesona Sunrise dan Sunset di Puncak Pelangi Grobogan Ini Bikin Betah

MuriaNewsCom, Grobogan – Pemandangan alam pergerakan matahari saat pergantian hari ternyata bisa disaksikan dengan jelas dari di wilayah Grobogan. Salah satunya adalah di puncak bukit pengunungan kapur di Dusun Blimbing, Desa Dokoro, Kecamatan Wirosari, Grobogan.

Sejak akhir Juni 2018 lalu, kawasan yang diberi label Puncak Pelangi ini sudah diresmikan jadi tempat wisata paling anyar di Grobogan. Selain aneka wahana yang tersedia, indahnya pemandangan saat matahari terbenam (sunset) dan matahari terbit (sunrise) menjadi salah satu daya tarik utama bagi wisatawan.

“Pemandangan sunset dan sunrise di Puncak Pelangi memang indah sekali. Sejak dilaunching, banyak wisatawan yang menunggu suasana matahari terbit maupun terbenam,” kata pengelola wisata Puncak Pelangi Mohammad Nurul Hidayat, Sabtu (7/7/2018).

Salah satu fasilitas di Bukit Pelangi Grobogan untuk menikmati sunset. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Lokasi wisata alam seluas sekitar 3 hektare itu statusnya milik perorangan atau pribadi. Setelah dapat izin pemilik, lahan itu dibenahi dan disediakan berbagai fasilitas untuk dijadikan tempat wisata alam, oleh Karang Taruna Desa Dokoro.

Sedangkan pengelolannya dikerjasamakan dengan Scout Adventure Community (SAC) Outdoor Grobogan.

“Saat launching wisata ini, ada 3 ribu orang yang datang. Rata-rata ada 100 an pengunjung per hari, pascalaunching. Untuk tiket masuk hanya Rp 3 ribu per orang,” jelas Hidayat.

Ada juga wahan flying fox yang disediakan pengelola untuk wisatawan di Bukit Pelangi Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Selain menikmati sunset dan sunrise, pihaknya juga menyediakan beberapa wahana untuk pengunjung. Antara lain, flying fox, climbing, repling, dan hiking. Selain itu ada lokasi untuk kemah atau camping dan swafoto.

“Untuk memanfaatkan wahana kita kenakan biaya tersendiri. Saat ini, fasilitas dan wahana yang kita sediakan masih terbatas. Ke depan, akan kita benahi pelan-pelan,” cetusnya.

Sementara itu, Plt Kepala Disporabudpar Grobogan Edi Santoso menyatakan, pihaknya merasa salut dengan kegigihan karang taruna untuk mewujudkan destinasi wisata di Desa Dokoro tersebut. Dengan adanya destinasi wisata itu, secara tidak langsung akan bisa menggerakkan roda perekonomian warga disekitar lokasi.

“Sebelumnya, sudah ada beberapa obyek wisata baru yang muncul. Antara lain, Wana Wisata Jatipohon dan Cindelaras, Candi Joglo Purwodadi, Rumah Fosil Banjarejo. Semoga keberadaan Puncak Pelangi itu bisa jadi salah satu destinasi wisata andalan di Kabupaten Grobogan,” terangnya.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.