Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kaum Difabel di Grobogan Ternyata Sudah Melek Politik, Ini Buktinya

0 301

MuriaNewsCom, Grobogan – Para penyandang disabilitas di Grobogan ternyata sudah mulai melek politik. Ini terlihat dari partisipasi mereka dalam Pilgub Jateng 27 Juni 2018 lalu yang cukup besar.

Para penderita disabilitas di Grobogan ini dalam pesta demokrasi itu turut andil dalam memberikan hak suaranya untuk memilih pemimpin Jateng.

Ketua KPU Grobogan Afrosin Arif menyatakan, jumlah pemilih pilgub dari kalangan disabilitas sebanyak 627 orang, terdiri 357 perempuan dan 270 laki-laki. Dari jumlah itu, ada sebanyak 236 orang yang menggunakan hak pilihnya, terdiri 150 perempuan dan 86 laki-laki.

“Jika dipersentase, angka partisipasi pemilih dari penyandang disabilitas sekitar 37 persen. Hal ini cukup menggembirakan dan saya mengapresiasi partisipasi dari  penyandang disabilitas dalam Pilgub kemarin,” kata Afrsosin.

Menurutnya, bagi sebagian penyandang disabilitas memang terdapat kendala dalam menggunakan hak pilihnya. Salah satunya disebabkan tidak ada orang atau keluarga yang mengantarkannya ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya.

Sementara itu, dari hasil rekapitulasi yang dilakukan pada rapat pleno KPU Grobogan, Rabu (4/7/2018) kemarin, pasangan Ganjar-Yasin berhasil meraih 420.899 suara. Sedangkan pasangan Sudirman-Ida meraih 210.819. Kemudian, suara tidak sah sebanyak 13.686.

“Jika dipersentase, pengguna hak pilih ini berkisar 59,79 persen. Untuk target yang ditetapkan sebesar 70 persen,” kata Afrosin.

Meski gagal mencapai target, namun angka partisipasi pemilih pada Pilgub Jateng 2018 ini dinilai cukup bagus dibandingkan pemilu sebelumnya. Pada Pilgub 2008 lalu, angka partisipasi pemilih hanya 50,7 persen. Kemudian, pada Pilgub 2013, angka pastisipasi pemilih turun jadi 45,78 persen.

“Target 70 persen memang tidak tercapai. Tapi angka partisipasi pemilih Pigub kali ini lebih meningkat dibandingkan dua edisi Pilgub sebelumnya,” jelasnya.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.