Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemerataan Kualitas Sekolah, Sistem Zonasi Dianggap Penting

0 493

MuriaNewsCom, Pati – Sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) mempunyai tujuan tertentu, yang salah satunya adalah untuk pemerataan pendidikan. Mengingat, sebelum adanya sistem tersebut, hanya sekolah favorit yang banyak didatangi siswa.

Kepala Balai Pengendali Pendidikan Menengah dan Khusus (BP2MK) Wilayah II Pati, Santoso mengatakan, adanya sistem zonasi tersebut dalah untuk pemerataan kualitas pendidikan.

Menurutnya, apabila mengacu pada sistem yang dahulu, sekolah yang masih dalam kategori berkembang, tidak akan maju apabila tidak didukung dengan siswa yang mumpuni.

Sementara siswa yang mempunyai kecerdasan tinggi, lanjutnya, terkadang lebih memilih untuk melanjutkan ke sekolah favorit di pusat kota. Ini kemudian yang membuat sekolah berkembang, tidak semakin maju. Sementara sekolah yang sudah maju, akan terus meningkat jauh.

Dia menambahkan, dalam BAB II Pasatl1 Permendikbud Nomor 14 tahun 2018 tentang PPDB menjelaskan, tujuan diadakannya zonasi PPDB tersebut adalah untuk menjamin penerimaan peserta didik baru agar berjalan secara obyektif, transparan, akuntabel, nondiskriminatif dan berkeadilan dalam rangka mendorong peningkatan akses layanan pendidikan.

“Dalam hal ini, ada tiga zonasi yang diberlakukan, yakni zona 1 adalah pendaftar yang bertempat tinggal di dekat sekolah dan masih dalam lingkup kelurahan atau desa. Untuk Zona 2 adalah pendaftar  masih dalam lingkup satu wilayah kota setempat. Sementara yang ketiga adalah zona luar, atau pendaftar yang berasal dari luar kota,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dalam sistem zonasi tersebut, sekolah yang tidak favorit juga tetap mendapatkan murid yang layak.

Selain itu, siswa tidak perlu jauh-jauh mendaftarkan diri di sekolah yang ada di perkotaan, sebab di desanya masing-masing sudah ada lembaga pendidikan yang juga menyediakan layanan pendidikan yang sama.

“Sistem zonasi itu memang kami anggap sangat baik. Karena, dengan begitu akan terjadi pemerataan pendidikan,” tandasnya.

Editor : Ali Muntoha

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.