Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Berusaha Kabur, 9 Penghuni Rutan Blora Dikurung di Ruang Isolasi

MuriaNewsCom, BloraSebanyak 9 orang penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Blora mendapat sanksi dipindahkan tempat penahannya ke ruang isolasi. Sanksi ini diberikan setelah 9 penghuni rutan itu sempat melakukan upaya melarikan diri, beberapa waktu lalu.

“Sampai sekarang,  mereka masih menjalani masa isolasi selama 30 hari tahanan,” ungkap Kepala Rutan Kelas II B Blora Yhoga Aditya Ruswanto pada wartawan, Jumat (29/6/2018).

Kesembilan penghuni itu, 5 orang diantaranya merupakan narapidana dan 4 orang lagi adalah tahanan titipan dari Kejaksaan Negeri Blora. Meski demikian, pihaknya tetap memberlakukan sama dengan mereka yang sudah menjadi warga binaan. Untuk tahanan titipan yang berupaya kabur, diajukan agar ada penambahan masa penahanan kepada Kajari Blora.

Dijelaskan, percobaan kabur penghuni rutan itu terjadi pada, pada Selasa (19/6) lalu, sekitar pukul 16.15 WIB. Pada awalnya, ada peghuni yang beralasan izin telpon di wartel Rutan untuk menghubungi keluarganya. Namun mereka malah menyalahgunakan izin itu untuk menuju arah pintu keluar.

Kebetulan pada hari itu di rutan nampak lenggang tanpa ada penjagaan yang ketat. Saat para napi melewati pos blok hingga ke ruang P2O minim penjaga. Pintu utama untuk masuk dan keluar rutan tidak ada penjaga. Baru di ruang P2O ada ada satu penjaga. Saat kejadian, hanya ada 3 penjaga.

Sampai di pintu keluar yang dikunci oleh penjaga, salah satu seorang itu membekap dan menodong senjata rakitan berupa besi cor yang diruncingkan sepanjang 30 cm kepada penjaga. Beruntung saat itu penjaga melawan dan berteriak, hingga para napi kemudian berlarian kedalam lagi.

“Usaha melarikan diri itu terlihat sudah direncanakan sejak lama. Setelah kejadian, para pelaku kita sanksi dikurung di ruang isolasi yang kapasitas satu ruangannya hanya cukup 2 orang,” katanya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...