Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Soto Kemiri Khas Pati Bikin Goyang Lidah

MuriaNewsCom, Pati – Rasanya memang belum lengkap apabila berkunjung ke Pati hanya menikmati nasi gandul saja. Sebab, masih ada sajian makanan khas Pati yang bikin penikmat makin ketagihan. Adalah soto kemiri, salah satu makanan khas pati yang paling banyak dicari kedua setelah nasi gandul.

Soto Kemiri bisa dijumpai di berbagai tempat di Kabupaten Pati, salah satunya warung Soto Ayam Kemiri Pak Bambang Krebo di Jalan Kyai Saleh atau perempatan Randukuning. Bapak tiga anak ini mengaku sejak tahun 80-an berjualan kuliner khas Pati tersebut.

Meski tidak ada menu lain yang dia tawarkan, namun bisa dibilang warung makan miliknya tidak pernah sepi pengunjung. Dalam setiap harinya, puluhan pengunjung mampir kearung Pak Bambang hanya untuk memesan Soto Kemirinya itu.

“Kalau di buat rata-rata, paling tidak 50 pengunjung perhari. Tapi pada saat hari libur, pengunjung bisa bertambah banyak,” ungkapnya.

Keunikan dan lezatnya soto kemiri ini ternyata bannyak memikat selera. Tidak hanya dari kalangan masyarakat Pati, namun juga dari luar kota. Seperti penuturan Pak Bambang, sotonya sempat diundang dalam sebuah acara yang diadakan di salah satu bank di Semarang.

Bahkan, peminatnya sangat banyak sekali. Tak heran apabila banyak orang dari luar kota yang penasaran dengan makanan khas bumi mina tani tersebut. Sesekali waktu, dia juga bertanya kepada pelanggan tentang kualitas rasa soto yang dijualnya.

“Selama ini antusias pembeli sangat tinggi. Rata-rata masyarakat yang belum mengetahui secara pasti, apa dan bagaimana soto Kemiri akhirnya terpikat dan mengakui kelezatannya setelah mencicipi,” imbuhnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Sutrisno, salah seorang penikmat yang sedang makan siang di warung Bambang Krebo. Saking enaknya, dia terkadang menghabiskan dua porsi dalam sekali duduk.

“Saya bisa habis dua porsi setiap makannya. Ditambah lauk andalan saya, rongkong ayam. Kalau sudah begini, bisa lupa segalanya,” tuturnya sambil menyantap soto pesanannya.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...