Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Awal Juli, PPDB SMP Mulai Dibuka

MuriaNewsCom, Pati – Pelaksanaan pendaftaran peserta didik baru (PPDB) tingkat SMP di Kabupaten Pati dilaksanakan awal Juli mendatang. Dari 84 SMP negeri/swasta yang tersebar di seluruh kecamatan di Pati, ada 35 SMP yang belum mampu melaksanakan PPDB online. Mereka masih menggunakan PPDB manual.

Ketua PPDB SP Pati Saryono mengatakan, pelaksanaan PPDB SMP tidak semua online. Dari 84 SMP, masih ada 35 SMP termasuk SMP Satu Atap (Satap) masih manual. Ini karena masih terbatasnya sarana prasarana dan SDM sehingga belum mampu online.

Bagi SMP yang menggunakan sistem online, tak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Hanya, tahun ini ada penetapan zonasi. Sekolah diutamakan menerima siswa yang berada di kawasan sekolah itu, supaya siswa bisa yang ada di SMP terdekat.

Selain itu, adanya zonasi supaya pendidikan tidak hanya terpusat di kota atau di sekolah favorit. Pemerintah menginginkan pendidikan yang merata. Sekolah yang berada di pinggiran tetap mendapatkan siswa. Bukan sekolah favorit semakin favorit dan sekolah di pinggiran semakin tak diminati.

“Pelaksaan PPDB online yang membedakan hanya penetapan zonasi. Siswa masih bisa mendaftar di tiga sekolah yang dituju dan masuk di sekolah yang sesuai dengan nilainya. Untuk itu harus jeli mendaftar di SMP yang diinginkan dan sesuai zonasi,” katanya.

Saryono menambahkan, pada PPDB online 2-4 Juli nanti, pihaknya bekerjasama dengan penyedia telkom untuk kesiapan server supaya tidak ngadat. Cara mendaftarnya, siswa bisa membuka situs dan mendaftar di rumah. Untuk siswa yang ingin mendaftar di sekolah juga bisa karena sekolah menyediakan sarana online dengan dipandu guru.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...