Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Keren, Petugas Di TPS Ini Kenakan Pakaian Adat Kudus

MuriaNewsCom, Kudus – Suasana berbeda pada Tempat Pemungutan Suara TPS 8 Desa Demaan Kecamatan Kota. Pasalnya, para petugas TPS menggunakan pakaian adat tradisional Kudus.

Sebanyak tujuh petugas TPS menggunakan pakaian tradisional khas Kudus. Terdiri dari tiga perempuan dan empat laki-laki. Dengan menggunakan pakaian tradisional mereka melayani warga yang hendak menggunakan hak pilihnya.

Nurul Fadjeri Ketua KPPS 8 mengatakan, pihaknya sengaja menggunakan pakaian adat tradisional. Ide tersebut muncul dari timnya yang berada di KPPS 8.

Selain itu, disebutkan dia, dengan menggunakan pakaian adat tersebut pihaknya dapat memperkenalkan budaya dan tradisi Kota Kudus.

“TPS 8 ingin mengenalkan budaya adat kota tidak dipakai seremoni saja,  melainkan acara lain seperti pemilu,” kata dia.

Bahkan, saking semangatnya menggunakan pakaian adat, ia mulai dandan sejak pukul empat subuh tadi.

“Meskipun kami menggunakan pakaian adat,  itu tidak mengganggu. Justru ini menjadi saya tarik warga untuk datang ke tempat pungutan suara, ” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Nurul Daftar Pemilih Tetap (DPT)  di TPS nya sebanyak 310 orang. Namun yang 10 orang tersebut karena meninggal dunia atau pindah. Sehingga DPT-nya ada 300 warga.

Sementara itu, Yudi salah satu warga yang mencoblos mengapresiasi pemakian baju adat tersebut. Dikatakan dia, dengan mengenakan pakaian adat, dapat memperkenalkan budaya Kudus.

“Bagus, biar dikenal masyarakat lain, ” jelasnya.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...