Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Hebat, Kelurahan Pati Kidul Masuk Tiga Besar Lomba Kelurahan Bersih Tingkat Provinsi

MuriaNewsCom, Pati – Setelah melalui proses administrasi yang cukup lama, akhirnya Kelurahan Pati Kidul masuk nominasi tiga besar dalam lomba kelurahan bersih dan hijau tingkat provinsi Jawa Tengah. Dua kelurana lainnya adalah dari Kabupaten Grobogan dan Cilacap.

Lurah Pati Kidul PB Pamungkas mengatakan, hari ini (26/6/2018) tim penilai dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah sudah terjun ke lapangan untuk mengecek langsung kondisi lingkungan.

“Jadi, setelah proses administrasi kami selesaikan, apa-apa yang ada dalam berkas tersebut kemudian di cek lapangan untuk memastikan apkah lingkungan benar-benar bersih atau tidak. Kami juga sudah menyiapkan segala sesuatunya, sehingga semuanya sudah siap,” jelasnya.

Dia mengaku,kelurahan bersih dan hijau ini bukan semata-mata untuk mengikuti lomba, tetapi juga untuk membentuk kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan. Apalagi, warga kelurahan Pati Kidul sudah menrapkan hidup bersih, muali dari diri dan merambah ke lingkungan.

“Tujuan utama kami adalah untuk menciptakan lingkungan yang bersih, indah, nyaman sehingga kehiduoan masyarakat dapat lebih teratur,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dalam menata lingkungan yang bersih dan hijau itu, pihak desa tidak mengeluarkan uang sama sekali. Bahkan, masyng-masing warga sudah mempunyai kesadaran untuk menanam bunga di halaman rumah mereka masing-masing.

Untuk sampah, di kelurahan tersebut juga sudah ada bank sampah yang siap menampung sampah rumah tangga warga sekitar. Dengan begitu, lingkungan benar-benar bersih dan nyaman atas upaya yang dilakukan oleh masyarakat sendiri.

“Kami hanya memberikan motivasi kepada warga. Masalah pendanaan, kami tidak membantunya, bahkan warga mempunyai inisiatif sendiri untuk membentuk lingkungan yang bersih dan hijau ini,” tegasnya

Dia berharap agar Kelurahan Pati Kidul dapat mewakili kabupaten Pati menjadi juara pertama lomba lingkungan bersih dan hijau tingkat provinsi.

Editor Supriyadi

Comments
Loading...