Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Hasil Tangkapan Nelayan Juwana Capai 50 Persen

MuriaNewsCom, Pati –  Sampai pada akhir Juni ini, hasil tangkapan ikan nelayan Juwana sudah mencapai 50 persen.Hasil tersebut seharusnya bisa lebih banyak, tetapi karena banyak kapal nelayan yang bersandar di Papua, pendapatan semakin berkurang.

Kepala Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Unit II Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana Tri Widodo mengatakan, setidaknya ada 217 kapal cantrang dan 350 kapal Kursin yang dikelola oleh warga setempat. Hanya, sebagian besar kapal tersebut, sering bersandar di Papua.

“Itu imbas dari kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang mengalihkan wilayah penangkapan, yakni di Papua. Otomatis, banyak juga ikan yang di turunkan di sana (Papua_red),” ungkap Widodo, Senin (25/6/2018).

Dia menambahkan, rentan waktu perjalanan nelayan untuk sampai ke perairan papua,. Setidaknya membutuhkan waktu hingga 20 hari. Sementara untuk berlayar menangkap ikan, kurang lebih satu bulan.

“Karena lokasinya yang jauh, terkadang para nelayan memilih untuk menjual ikannya di Papua lalu kembali melaut lagi. Sementara hasil tangkapan berikutnya, baru dibawa pulang ke Juwana untuk dilelang,” imbuhnya.

Lebih lanjut, ampai saat ini retribusi kapal yang masuk ke pemerintah daerah mencapai Rp 3,6 miliar. Sementara untuk hasil tangkapan sampai saat ini mencapai 3.3000.000 ton. Hasil tersebut dipastikan akan bertambah, seiring dengan banyaknya nelayan yang belum pulang.

“Lebaran kemarin memang banyak yang pulang, tetapi ada juga yang baru berangkat. semoga untuk tangkapan bulan berikutnya, hasilnya lebih maksimal,” tandas Widodo.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...