Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ganjar dan Sudirman Keluarkan Jurus Tangkal Kecurangan Pilgub Jateng

0 490

MuriaNewsCom, Semarang – Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018 memasuki masa tenang. Pada masa ini hingga hari pencoblosan dan penghitungan suara merupakan masa krusial, karena sering munculnya serangan fajar, maupun kecurangan-kecurangan.

Dua pasangan calon yang bertarung dalam Pilgub Jateng mempunyai cara-cara tersendiri untuk menekan kecurangan. Jurus-jurus itu mulai dikeluarkan sejak masa tenang, dengan pengerahan relawan untuk mencegah adanya serangan fajar.

Pasangan nomor urut satu Ganjar Pranowo-Taj Yasin misalnya, mengerahkan relawan untuk mendirikan posko serentak di setiap desa. Para relawan bersama warga desa bersiap lek-lekan atau tidak tidur semalam suntuk, demi memastikan wilayahnya aman dari praktik serangan fajar.

Ketua Dulur Ganjar Jateng Wisnubrata mengatakan, pendirian posko dilakukan karena muncul indikasi kuat akan adanya money politics.

“Mas Ganjar dan Gus Yasin unggul sangat jauh di berbagai survei, pengamat politik mengatakan hanya satu hal yang bisa membuat paslon nomer satu kalah yakni politik uang,” katanya.

Untuk itu pihaknya telah mengirim edaran ke pengurus Dulur Ganjar kecamatan dan kabupaten agar menginstruksikan anggotanya mendirikan posko antimoney politics.

“Kita pagari money politics dengan membuat posko secara gotong royong dan atau bekerjasama dengan Panwaslu setempat,” terangnya.

Posko didirikan sejak hari pertama masa tenang hingga malam sebelum coblosan 27 Juni. “Tanggal 26 malam semua relawan tidak tidur. Kita bikin acara lek-lek’an golek ganjaran. Sembari ronda keliling kampung kita doa bersama menjemput kemenangan Ganjar Yasin,” ucapnya.

Tidak cuma itu, setiap relawan juga dibekali arahan untuk memastikan seluruh warga desanya masing-masing untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS).  Relawan juga diberi tugas untuk memback-up saksi resmi dari partai dalam penghitungan suara.

“Dulur Ganjar ada ratusan ribu orang, ada di setiap desa, kita bergabung dengan Santri Gayeng dan relawan lain siap mengawal kemenangan mas Ganjar dan Gus Yasin,” tegasnya.

Begitu juga dengan pasangan nomor urut dua Sudirman Said-Ida Fauziyah, yang mengerahkan tim pemenangan dan relawan untuk mengamankan dan mengawal suara sampai tingkat TPS. Hal itu dilakukan sebagai upaya agar tidak ada kecurangan dalam Pilgub Jateng, Rabu 27 Juni 2018.

Salah satunya dengan menggelar ronda keliling di setiap TPS se Jawa Tengah. Bahkan, seluruh kader parpol pengusung (PKB, Gerindra, PKS dan PAN) diintruksikan terus waspada.

“Ini sebagai upaya untuk menjaga marwah Pilgub Jateng agar tak terjadi kecurangan, ataupun money politics di Jateng,” kata Juru Bicara Tim Pemenangan Sudirman Said-Ida Faiziyah, Sriyanto Saputro.

Ia menambahkan, seluruh kader dan relawan akan menggerakan ronda keliling atau roling di setiap TPS se Jateng. Gerakan ini sekaligus untuk memastikan semua warga Jateng bisa hadir dan menggunakan hak pilihnya.

“Karena sampai saat ini masih ada persoalan DPT bermasalah. Kami ingin KPUD menyelesaikan maksimal Senin (25/6/2018),” ujarnya.

Selain itu juga akan digerakkan doa di seluruh komunitas TPS. Komunitas TPS adalah himpunan seluruh penggerak pemenangan Sudirman-Ida yang terdiri dari unsur ulama, kader penggerak dari partai pengusung dan pendukung, relawan dan berbagai anggota ormas yang mendukung.

“Komunitas inilah yang akan menjadikan doa sebagai perekat perjuangan dan kekompakan seluruh elemen. Seluruh komunitas kami menyampaikan agar  niat diluruskan, bahwa perjuangan pemenangan Pilkada menjadi bagian dari ibadah, untuk menghadirkan perubahan di JawaTengah,” tambah Ketua Tim Relawan Ali Khamdi.

Editor : Ali Muntoha

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.