Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Lomba FLSN2N se-Kabupaten Pati Dihelat

MuriaNewsCom, Pati – Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat kabupaten yang dihelat di SMKN3 Pati bakal diharapkan menjadi ajang bagi siswa SMK untuk terus mengembangkan kesenian dan kebudayaan tradisional Pati. Mengingat, Pati merupakan lumbungnya kesenian dan kebudayaan, sehingga perlu adanya penjagaan dan pengembangan.

Ketua Panitia FLS2N Pati, Sumarni mengatakan, lomba itu selain untuk memicu kreatiitas kesenian siswa, juga dalam rangka untuk mengembangkan kesenian dan tradisi daerah. Terlebih, pelajaran kesenian, saat ini sudah diajarkan di masing-masing sekolah.

Selain itu, pemenang lomba FLS2N tingkat kabupaten ini nantinya akan diikutkan dalam lomba serupa dengan tingkat ekskaresidenan Pati. Sehingga, para peserta harus tampil total dalam pelaksanaan lomba ini.

“Ada enam kategori lomba, yakni lomba tari tradisi yang iikuti oleh 6 peserta, menyanyi solo 10 peserta, gitar klasik 6 peserta, music tradisi 2 peserta, film pendek 4 peserta dan lomba teater diikuti 4 peserta,” jelasnya, Sabtu (23/6/2018).

Selanjutnya, semua lomba tersebut diharapkan dapat mengolah rasa masing-masing siswa dan mampu membentuk skil yang mumpuni. Selain itu, kesenian juga sangat penting untuk pembentukan karakter siswa.

“kesenian itu kan bisa mengasah kepekaan rasa dan bisa mengasah kreativitas. Tidak semua orang bisa mengaplikasikan rasa melalui berbagai kesenian. Karena itu, lomba ini merupakan ajang yang paling tepat untuk menunjukkan kreasi siswa tersebut,” imbuhnya.

Diharapkan, selain ajang untuk mendapatkan juara se-Kabupaten Pati, festival ini juga mampu membentuk budi pekerti anak. Melalui kesenian, mereka juga bisa mengembangkan bakat yang dimiliki, yakni sesuai dengan masing-masing jurusan yang digelutinya.

“Setiap tahun kami mengadakan FLS2N ini dan pesertanya lumayan banyak. Semoga, kegiatan semacam ini bisa terus berkembang dan banyak pesarta yang ikut serta,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...