Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tahun Ini Sedekah Laut Juwana Akan Tampil Beda, Ini Detailnya

0 1.719

MuriaNewsCom, Pati – Pesta sedekah laut Juwana yang bakal dihelat pada 24 Juni mendatang, akan berbeda dengan tahun lalu. Sebab, panitia menyiapkan berbagai miniatur kapal lengkap dengan sajian larung sesaji yang akan dihantarkan ke laut.

Ketua Panitia Sedekah Laut Juwana Tahun 2018 Suratman mengatakan, pelaksanaan sedekah laut merupakan wujud syukur masyarakat terhadap anugerah Tuhan yang sudah diberikan selama ini, terutama melalui jalur laut. Sebab, hasil pendapatan nelayan tahun ini, dinilai lebih melimpah.

“Karena itu, kami sudah menyediakan kapal untuk larung sesaji yang ukurannya lebih besar, yakni sekitar dua meter. Sebab, di dalamnya akan diisi dengan berbagai sesaji, seperti kepala kerbau, kepala sapi, kepala kambing dan berbagai isian lainnya,” ungkap Suratman, Kamis (21/6/2018).

Selain itu, ada pula enam kapal besar yang akan melarung sesaji di laut Juwana. adapun pemberangkatan akan dimulai di TPI Unit II Juwana dan berlayar sejauh tujuh kilo meter. Nantinya juga akan melibatkan 500 warga setempat yang akan naik kapal dan melepas sesaji tersebut.

“Ini sudah menjadi tradisi sejak lama, sehingga kami semua menghormatinya dengan meneruskan tradisi larung sesaji tersebut. Sedekah laut ini memang kami adakan setiap tahun sekali dengan berbagai hiburan,” imbuhnya.

Selain ritual larung sesaji dan berbagai hiburan kesenian, pihaknya juga akan mengadakan santunan untuk  anak-anak yatim yang berada di sekitar Kecamatan Juwana. tujuannya agar mereka (nak-anak yatim_red) juga bisa merasakan hasil para nelayan selama ini.

“Jadi, rasa syukur kami tidak hanya kami selain kami persembahkan kepada Tuhan, kami juga turut berbakti dan menyantuni anak-anak yatim. Sebab, mereka memang berhak untuk mendapatkan itu,” tandasnya.

Editor : Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.