Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pati Bakal Punya Wisata Susur Sungai, Ini Bocorannya

0 553

MuriaNewsCom, Pati – Sepanjang sungai Silugonggo Juwana, pada saat musim hujan memang sering terjadi banjir. Akan tetapi, itu bukan berarti sungai tersebut tidak bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar. Selain untuk irigasi, sungai tersebut rencananya juga akan dijadikan destinasi wisata baru, yakni susur sungai Silugonggo dengan menggunakan perahu naga.

Gagasan apik tersebut pertama kali diprakarsasi oleh warga Desa Kedung Pancing, Kecamatan Juwana yang setiap tahun sudah mengadakan lomba perhu naga di sungai tersebut. bahkan, gagasan itu, saat ini sudah masuk pada tahap pematangan. Rencananya, bulan depan obyek wisata baru tersebut secara resmi akan dibuka.

Kepala Desa Kedung Pancing Didik Narwadi mengatakan, potensi sungai Silugonggo atau kali Juwana dimanfaatkan sebagai aset yang penting untuk digarap demi kesejahteraan rakyat. Melalui Dana Desa utamanya alokasi Bumdes, sebagian sudah dibelikan tiga perahu naga untuk olahraga sekaligus aset wisata.

“Bumdes Kedung Pancing baru saja membeli tiga perahu naga dari CV Randoan di Cilacap, kurang lebih Rp 40 juta per perahun dengan material dari fiber. ketiga perahu tersebut telah kami diujicobakan dalam lomba balap perahu naga, Silugonggo Cup IV.,” ungkapnya, Selasa (19/6/2018)

Lebih lanjut, usai pelaksanaan lomba perahu naga itu, pihaknya  akan mempergunakan perahu untuk kebutuhan wisata susur sungai Juwana. tentu saja dengan harapan agar masyarakat lebih tahu tentang perahu naga dan lebih mengenal Sungai Silugonggo.

“Nantinya akan kami siapkan nahkoda dan penabuh drum pengatur ritme dari Karang Taruna. Sehingga, semua lapisan masyarakat bisa menyewa,” imbuhnya.

Untuk trayeknya, Didik mengaku akan mengambil rute hingga jembatan Sampang. Hanya, trayek tersebut sebagai patokan minimal saja. Apabila ada wisatawan yang menginginkan lebih, pihaknya juga akan melayani sesuai dengan permintaan.

“Rencananya biaya sewa antara Rp 200-30 0rb untuk 10 orang. Termasuk nanti juga ada sekadar snack atau minum yang kita kerjasama dengan warung di sepanjang sini,” rincinya.

Untuk menjamin keselamatan, pihaknya juga sudah menyiapkan fasilitas keamanan, seperti pelampung yang mampu menahan beban hingga 120 kg.

Editor : Supriyadi

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.