Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

KPU Pati Lakukan Verifikasi Faktual Calon DPD Jateng

MuriaNewsCom, Pati – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati hari ini (30/5/2018) mulai melakukan verifikasi faktual (Verfak) terhadap syarat dukungan calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi Jawa Tengah. Itu sebagai tindak lanjut dari penelitian administrasi calon yang dilakukan sebelumnya.

Komisioner KPU Pati Supriyanto mengatakan, verfak ini dilakukan mulai 30 Mei hingga 19 Juni mendatang. Hanya, saat ini pihaknya masih mempersiapkan tim untuk melakukan verfak itu untuk diterjunkan ke lapangan.

“Jadwalnya, mulai hari ini adalah verfak. Kami akan mendatangi masing-masing pendukung dari calon DPD tersebut untuk kami mintai keterangan,” ungkapnya, Rabu (30/5/2018).

Lebih lanjut, dari hasil pemeriksaan kelengkapan dokumen dan administrasi, yang dinyatakan lolos hanya 24 calon DPD dari 27 pendaftar. Dari 24 calon tersebut kemudian dilakukan pengambilan sempel dari masing-masing kabupaten/kota dengan nilai 10 persen.

“Kami sudah menerima sampel tersebut. dari 24 calon yang dinyatakan lolos administrasi, 22 di antaranya mencantumkan syarat keanggotaan di Pati. Total pendukung yang akan kami verfak dari 22 calon itu ada sebanyak 260 pendukung di Pati,” imbuhnya.

Sebelum melakukan verfak itu, terlebih dahulu KPU Pati akan memetakan 260 pendukung tersebut untuk lebih mudah dalam proses verifikasi. Nantinya, apabia sudah diketahui masing-masing lokasinya, KPU dengan mudah bisa menerjunkan beberapa tim dan membuat target perhari.

“Dengan alokasi waktu yang diberikan kepada kami itu, tentu kami akan menggunakan semaksimal mungkin sehingga, jumlah sebanyak 260 pendukung tersebut, selesai terverifikasi pada 19 Juni mendatang. Sukur-sukur bisa kurang dari tanggal tersebut,” tutupnya.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...