Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Emak-emak di Grobogan Serbu Pasar Murah Kemendag di Ponpes Manba’ul A’laa Purwodadi

MuriaNewsCom, Grobogan – Ratusan orang yang sebagian besar adalah ibu-ibu secara bergantian mendatangi Pondok Pesantren Manba’ul A’laa di Kampung Jagalan Utara, Kelurahan/Kecamatan Purwodadi, Rabu (30/5/2018). Kedatangan warga tersebut dalam rangka membeli sembako di lokasi Pasar Murah Ramadan yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan. Warga yang datang ke lokasi pasar murah sudah membawa kupon untuk membeli paket sembako.

Paket sembako yang disediakan dalam pasar murah berisi itu nilainya setara Rp 100 ribu. Namun, warga cukup menebusnya dengan harga Rp 50 ribu atau separuhnya saja.

“Paket sembako ini harganya murah banget. Isinya ada beras, gula dan sirup. Saya bersyukur bisa dapat pembagian kupon dari panitia sehingga bisa beli paket sembako murah,” kata Sriyati, salah seorang warga setempat usai membeli paket sembako di lokasi pasar murah tersebut.

Kasubdit Fasilitas Kelembagaan ditjen Pemberdayaan Konsumen Kementerian Pedagangan Wisnu menyatakan, dalam pasar murah tersebut pihaknya menyediakan 500 paket sembako untuk masyarakat di sekitar ponpes dengan harga terjangkau. “Harga sebenarnya Rp 100 ribu per paket sembako. Tapi ini kita ingin membantu masyarakat, sehingga harganya cuma Rp 50 ribu,” jelasnya saat memantau pelaksanaan pasar murah tersebut bersama Pengasuh Ponpes Manba’ul A’laa KH Hamzah Matni serta pengusaha M Andi Kurniawan.

Menurut Wisnu, bagi Kemendag, pasar murah Ramadan juga digunakan untuk memantau harga bahan pokok di kabupaten/kota setempat, sekaligus mengambil langkah antisipasi jika terjadi lonjakan harga atau kelangkaan stok pangan. Dari pantauannya, pada Ramdan tahun ini, harga-harga lebih stabil.

“Pemerintah bersama seluruh distributor dan pengusaha siap mengamankan kebutuhan masyarakat menjelang Idul Fitri. Dengan demikian, masyarakat tidak perlu khawatir memikirkan adanya kenaikan harga,” jelasnya.

Ditambahkan, pasar murah di lokasi ponpes dilangsungkan di belasan titik di Jawa Tengah. Selain Grobogan, pasar murah serupa juga akan digelar di sejumlah kota lainnya.

“Rencana di Kudus ada 4 titik. Kalau di Grobogan hanya satu titik ini saja,” imbuhnya.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...