Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Bandara A Yani Siapkan Tambah 18 Penerbangan Tambahan Selama Lebaran

MuriaNewsCom, Semarang – Terminal baru Bandara Internasional A Yani Semarang dipastikan mulai beroperasi 6 Juni 2018 mendatang untuk mengejar musim mudik dan balik Lebaran 2018. Pihak managemen bandara akan segera melakukan boyongan dari terminal lama ke terminal baru.

Terminal lama nantinya hanya akan digunakan untuk terminal kargo saja. Selama musim mudik dan balik Lebaran 2018, pihak manajemen bandara akan menyiapkan 18 penerbangan tambahan (extra flight). Penerbangan tambahan itu terbagi 2 persen untuk penerbangan luar negeri dan sisanya untuk penerbangan domestik

Direktur Angkasa Pura 1 Faik Fahmi memprediksi traffict diperkirakan naik delapan persen dengan kepadatan 18 ribu penumpang per hari. Dengan kondisi ini pihaknya menyiapkan 1.300 seat selama periode Lebaran.

“Diperkirakan kepadatan puncak terjadi H-3 dengan 18 ribu penumpang per hari dan masih di batas terminal yang bisa menampung 19 ribu penumpang per hari,” ujarnya.

Fahmi memastikan bahwa Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang akan dioperasikan secara fungsional pada pekan depan.

“Bandara akan dioperasikan pada 6 Juni 2018, penerbangan perdana, sedangkan 5 Juni 2018 boyongan dari terminal lama,” terangnya.

Ia menjelaskan bahwa proyek pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang dengan nilai investasi sebesar Rp 2,2 triliun itu sekarang sudah mencapai 95 persen, sehingga bisa dioperasikan secara fungsional pada arus mudik Lebaran 2018.

Pihaknya mengakui melakukan upaya percepatan pembangunan bersama pihak terkait karena pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang ini merupakan salah satu proyek strategis nasional.

“Memang belum 100 persen selesai tapi lebih baik dari terminal lama, dan mudah-mudahan upaya yang kita lakukan dengan pengoperasian terminal baru ini bisa berjalan sesuai rencana,” ujarnya.

Pada Kamis (31/5/2018) besok, PT Angkasa Pura I juga akan melakukan “running test” untuk mengetahui seluruh sarana prasarana di Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, layak dioperasikan atau tidak.

“Usai Lebaran, bandara tetap akan digunakan sambil kita lengkapi fasilitas-fasilitas bandara baru yang belum selesai, area-area komersial yang ada di bandara, dan area parkir agar seusai kapasitas yakni 2 ribu kendaraan,” ujarnya.

Setelah selesai dibangun, Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang akan mampu menampung sebanyak 7 juta penumpang per tahun, sedangkan kapasitas terminal lama hanya 800 ribu penumpang per tahun.

Kepala Satuan Kerja Proyek Pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang Toni Alam menambahkan, pihaknya berupaya memenuhi rekomendasi-rekomendasi yang disampaikan dari tim verifikasi Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

“Rekomendasi yang kami terima dari berbagai aspek, sepertu dari sisi operasional yakni marka-marka jalan yang harus dilengkapi, penyelesaian ‘flow’-nya seperti apa,” terangnya.

Sebelumnya rencana operasional bandara digelar pada 2 Juni 2018, namun keputusan terakhir mundur menjadi 6 Juni 2018.

Terkait dengan mundurnya pengoperasian secara fungsional Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang dari 2 Juni 2018 menjadi 6 Juni 2018, Toni berpendapat bahwa hal itu agar persiapannya lebih matang.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...