Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

KPU Jateng Kalah Digugat Calon Anggota DPD yang Dicoret

MuriaNewsCom, Semarang – KPU Jawa Tengah kalah dalam gugatan yang dilayangkan calon anggota DPD Awigra, yang sebelumnya dicoret KPU Jateng dari daftar pencalonan. Bawaslu Jawa Tengah menyatakan, KPU Jateng bersalah melakukan pelanggaran administrasi dalam proses pencoretan nama Awigra tersebut.

Keputusan ini diambil setelah Bawaslu Jateng melakukan sidang selama maraton selama sepekan terakhir. Fajar SAKA, ketua hakim pemeriksa dalam sidang putusan Senin (28/5/2018) menyatakan KPU Jateng terbukti bersalah.

“Menyatakan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran administrasi tentang tata cara, dan prosedur penyerahan dokumen syarat dukungan calon perseorangan peserta pemilihan umum calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD),” katanya.

Dalam eksepsi putusan ini, Hakim Pemeriksa juga menyatakan menolak  eksepsi dari terlapor. Dalam putusan ini, Majelis Pemeriksa juga memerintahkan KPU Jawa Tengah untuk melakukan perbaikan administrasi terhadap tata cara dan prosedur penyerahan dokumen syarat perseorangan calon anggota DPD atas nama Awigra.

Menanggapi putusan ini, Ketua Tim Penasihat Hukum Awigra, Teguh Purnomo menyatakan bersyukur dan menghormati keputusan majelis pemeriksa.

“Kami bersyukur dan mengapresiasi keputusan ini, dan klien kami tetap akan bekerja secara profesional agar langkah selanjutnya tak sia sia,” ungkap Teguh Purnomo.

Baca : 9 Advokat Pengawal Pemilu Dampingi Awigra Gugat KPU Jateng

Sementara Awigra menyatakan bergembira dan akan lebih berhati hati dalam proses selanjutnya. Dengan putusan ini, ia bertekat akan memperjuangkan politik hijau di Indonesia.

“Kita berhak bergembira atas kemenangan ini. Ini sebagai bukti bahwa KPU terbukti melakukan pelanggaran administrasi dan membuka kembali peluang memajukan agenda politik hijau di Indonesia melalui pencalonan saya kembali terbuka. Saya sudah mendapat banyak peringatan untuk lbh hati-hati pada proses selanjutnya. Demi Indonesia yang Bersih, Adil, dan Lestari” ungkap Awigra

Sebelumnya Awigra melaporkan KPU Jateng  kepada Bawaslu Jawa Tengah karena diduga melakukan pelanggaran administrasi dalam pencalonan sebagai Dewan Perwakilan Daerah Jawa Tengah. Awigra dicoret dari daftar pencalonan, dan merasa mendapat perlakuan tidak adil dari anggota KPU Jawa Tengah.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...