Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Fantastis, Alokasi THR PNS di Kudus Mencapai Rp 32.3 Miliar

MuriaNewsCom, Kudus – Pemerintah Kabupaten Kudus menyediakan setidaknya Rp 32.3 miliar untuk keperluan gaji ke-14 atau Tunjangan Hari Raya (THR). Rencananya gaji ke-14 PNS itu akan dibagi 7 Juni mendatang. 

Kepala Bidang Perbendaharaan Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah Kudus, Is Yulianti mengatakan uang yang disediakan untuk keperluan THR pegawai itu bersumber dari APBD Kabupaten Kudus. Ada sekitar 7.399 pegawai yang bakal menerima gaji ke-14.

“Sementara untuk mengenai THR bagi yang sudah pensiun, itu tidak melalui kami, tapi langsung dari pusat,” kata Is Yulianti.

Ia mengatakan, THR yang diperuntukkan kepada abdi negara itu berupa gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan tambahan, dan tunjangan penghasilan pegawai (TPP). Sehingga tidak ada namanya tunjangan kinerja.  Tunjangan kinerja hanya bagi pegawai di lembaga vertikal.

“Di Pemkab tidak ada tunjangan kinerja, tapi adanya TPP,” kata dia.

Lanjut dia, kucuran dana miliaran rupiah untuk gaji ke-14 PNS, itu diatur berdasarakan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2018 tentang Tunjangan Hari Raya yang ditindaklanji dengan Permenkeu Nomor 54/PMK.05/2018. Jumlah gaji ke-14 dihitung berdasarkan pengeluaran untuk gaji pada bulan sebelumnya. Namun hitungan tersebut tidak sepenuhnya berlaku.

”Jadi acuannya bulan sebelumnya. Tapi kami harus tetap koordinasi dengan badan kepegawaian, sistem penggajian nanti yang mengatur badan kepegawaian,”pungkasnya.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...