Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Komplotan Pembobol Mesin ATM di Pekalongan Diringkus Polisi, 2 Pelaku Buron

MuriaNewsCom, Pekalongan – Tiga pelaku komplotan pembobol mesin anjungan tunai mandiri (ATM)  BRI berhasil dibekuk tim gabungan Resmob Satreskrim Polres Pekalongan Kota dan Polsek Buaran. Tiga pelaku berhasil diamankan dari tempat persembunyian mereka masing-masing.

Tiga orang ini yakni Kasdolah (47) alias Dolah, warga Desa Limbangan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan. Dia ditangkap saat di daerah Karangsari, Kajen.

Kemudian pelaku lain yakni , Rendi Kurniawan (38), warga Perumnas Cirebon, Kelurahan Larangan, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, dan Samsuri (37), warga Desa Rawaurip, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon. Keduanya sama-sama ditangkap di Cirebon.

Komplotan ini diketahui melakukan pembobolan mesin ATM milik BNI di Jalan Sapugarut, Buaran, Pekalongan pada Kamis (17/5/2018) lalu.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Ferry Sandi Sitepu mengungkapkan, setiap pelaku memiliki peran masing-masing. Kasdolah misalnya, berperan membantu menampung pelaku di rumahnya sebelum melakukan aksinya.

Termasuk, menyiapkan tempat yang dianggap aman untuk menurunkan boks mesin ATM sekaligus mencarikan peralatan yang digunakan untuk membuka boks mesin ATM. Sementara, dua pelaku lainnya melakukan eksekusi pembobolan mesin boks ATM.

”Penangkapan ketiga pelaku berkat kesigapan Tim Resmob Satreskrim, dan jajaran Polsek Buaran,” katanya.

Meski demikian, dua orang pelaku lain masih buron dan tengah dalam pengejaran petugas. Ia mengklaim polisi telah mengantongi identitas dua pelaku yang masih buron ini.

Dijelaskan, dalam menjalankan aksinya, komplotan tersebut datang ke tempat kejadian perkara (TKP) dengan menggunakan dua mobil dan sejumlah motor. Mereka memanfaatkan situasi yang sepi di sekitar TKP, dan aksi komplotan tersebut dilakukan antara pukul 00.00 – 01.00 WIB.

Usai beraksi, mereka berpencar dengan membawa kabur boks mesin ATM, termasuk di dalamnya berisi brankas penyimpanan uang di mesin ATM.

”Sebelum akhirnya boks ATM itu ditemukan di perkebunan daerah Limbangan Karanganyar, Pekalongan dengan kondisi rusak dan uangnya telah raib,” jelasnya.

Saat kejadian, lanjutnya, terdapat uang sebesar Rp 40 juta di dalam boks mesin ATM tersebut. Dari hasil olah TKP maupun rekaman kamera pengintai, diketahui bahwa pelaku membongkar paksa mesin ATM tersebut menggunakan sejumlah peralatan, seperti linggis, gunting besi, dan gergaji. Pelaku juga merusak lampu yang terpasang di lokasi.

Diberitakan, sebuah mesin ATM BNI di Jalan Raya Sapugarut, atau tak jauh dari pabrik PT Pismatex Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan Kamis (17/5/2018) dini hari dibobol. Pelaku membawa kabur boks mesin ATM, termasuk di dalamnya berisi brankas penyimpanan uang di mesin ATM.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...