Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

KPU Kudus Lakukan Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara Pilgub Jateng

MuriaNewsCom, Kudus – Komisi Pemilihan Umum KPU Kudus tengah memulai melakukan sortir dan pelipatan surat suara, Selasa (22/5/2018). Pelipatan dan penyotiran kali ini fokus pada surat suara pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018.

Kepala Sub Bagian Umum KPU Kudus Sudartono di Kudus mengatakan penyortiran dan pelipatan surat suara Pilgub Jateng dijadwalkan berlangsung selama sepekan yang dimulai Senin (21/5/2018) kemarin. Untuk total jumlah surat suara yang disortir dan dilipat KPU Kudus sebanyak 627.904 surat suara.

“Jumlah itu ditambah dengan  2,5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di setiap TPS, ” jelasnya kepada MuriaNewsCom

Untuk jumlah petugas sortir yang dilibatkan ada sebanyak 50 orang. Mereka berasal dari warga sekitar dan sebelumnya yang sebelumnya sudah pernah melakukan kegiatan serupa dan dipilih melalui proses seleksi.

Dalam menjaga keamanan proses pelipatan dan sortir surat suara tersebut KPU Kudus juga melibatkan kepolisian setempat.

“Pengamanan tersebut, guna memastikan surat suara Pilkada 2018 tidak ada permasalahan,” lanjut dia.

Ia menambahkan, untuk honor yang diberikan kepada masing-masing pekerja sebesar Rp 50 per lembar surat suara. Hal itu karena proses pelipatannya tidak rumit, cukup hanya sekali melipat.

“Honor sebesar itu sekaligus untuk mengantisipasi ketika mereka dipekerjakan kembali untuk pelipatan surat suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kudus yang pelipatannya dilakukan beberapa kali karena jumlah pesertanya ada lima pasangan calon sehingga honor yang diminta dipastikan lebih besar,” pungkasnya.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...